29
Apr
10

Jualan pisau


Seneng banget lihat forum pisau di kaskus.us berkembang pesat. Malah karena adanya thread jual beli, para penggemar pisau semakin mudah mendapatkan pisau2 yang mereka inginkan tanpa harus mendatangkan sendiri dari luar negeri.

Sayangnya perkembangan ini masih belum diimbangi kualitas penjual pisaunya sendiri yang kebanyakan masih memerlakukan pisau sama aja dengan komoditas lainnya. Yang gua maksud dengan pernyataan ini jelasnya adalah banyaknya orang2 yang mendadak menjual pisau tanpa ada rasa cinta atau pun pengetahuan yang memadai soal pisau. Gua berani bilang begini karena secara mudah bisa diperhatikan bahwa orang2 ini hanya berminat masuk dalam thread jual-beli dan nggak pernah atau sangat jarang ikut masuk dalam berbagai thread pembahasan tentang pisau. Mereka masuk forum pisau semata-mata hanya sebagai penjual. Padahal kalau mau dikaji lebih dalam sebagai penjual mereka justru bisa menguasai produk dagangan mereka kalau mereka bukan hanya berminat mencari untung tetapi juga berminat terhadap pisaunya sendiri.

Pisau adalah sebuah produk yang kompleks. Ada banyak hal yang justru sulit dinilai oleh mata telanjang ketimbang apa yang bisa dilihat dengan mata. Kurangnya pengenalan atau pengetahuan tentang produk menyebabkan banyak terjadi kekacauan baik mengenai penetapan harga atau pun penjelasan spesifikasi barang yang dijual. Ini bisa dilihat dengan data spesifikasi yang kadang hanya copy-paste bahkan masih dalam bahasa Inggrisnya sekalian.

Kalau gua perhatikan kejadiannya lucu2. Ada yang bilang baja 440C di pisau yang dijualnya adalah hasil ditempa. Ada yang bilang pedangnya yang dijual adalah pedang Arab kuno yang layak diberi bandrol harga selangit. Ada yang bilang salah satu pisau Cold Steel jualannya adalah hand made. Ada yang jual pisau berbaja 440B sampai jutaan hanya karena ada scrimshaw-nya. Ada yang menggembar-gemborkan pisaunya yang berbaja D-2 sebagai baja superior. Ada juga yang dalam setiap posting jualannya menyatakan barangnya sebagai “asli”. Ada yang jualan pisau damaskus Pakistan dengan tingkat PD yang berlebihan. Ada yang jualan pisau pasar pagi buatan China dengan merek Dork Ops tapi yakin menaruh Made in USA. Ada yang cuma jadi perantara dari maker2 tapi ngomongnya besar. Ada yang jualan lebay dengan memberi embel2 kita sedang membantu knifemaker lokal. Macam2 dan lucu2 lah pokoknya.

Sisi lain yang positif adalah makin besarnya kemungkinan buat seseorang memiliki pisau dengan pilihan yang banyak dengan harga sesuai kocek masing2. Tapi gua sih berharap para penjual ini mau belajar untuk mengenali dan mencintai barang yang mereka jual tersebut. Mohon jangan jadikan pisau sama dengan elu jualan tas, sepatu, mainan anak, atau jualan DVD bajakan. Pisau adalah benda yang dihormati. Apa salahnya orang yang mendapatkan untung dari pisau juga menghormati dan menghargai pisau. Belajarlah lebih banyak tentang pisau. Banyak baca aja bisa cepet pinter kok.

5 Responses to “Jualan pisau”


  1. 1 pakazzam
    December 11, 2010 at 1:38 PM

    salam kenal bang, saya sering ngikuti ulasan sampeyan di kaskus ato ulasan ttg pisau di forpis kaskus yg laen, tp jarang kasih koment, cmn numpang baca dan lewat,, sy copi ulasan sampeyan ttg HT buat di jadiin diktat.. .. mohon ijin jg mgkn klu ulasan di blog ini sy copi trus di print ya.. ( soalnya mata g kuat lama baca di monitor)..
    saya hoby pisau jg dari sd, karena keterbatasan dana dan pengetahuan jd beli cm yang terjangkau sj dan yg sepadan dgn pengetahuan sy tentang pisau itu sendiri..

    pengetahuan sy ttg pisau dan cara gmn prosesnya adalah nol besar.. mgkn berkat para praktisi yg serius seperti sampeyanlah yg sedikit demi sedikit pengetahuan sy jd bertambah… jd terimakasih buat ilmunya… semoga nambah terus isi blog ini…

  2. 3 762cal
    December 2, 2010 at 7:46 PM

    sepakat oom.

    saya selalu senang melihat etalase fjb yang saya yakin barangnya asli (dan kebanyakan memang asli), namun disertai penjelasan dari sang penjual. bukan copas dari web resmi…. dan saya merindukan lapak2 bang uwak :) kapan jualan lagi pak?

  3. 4 dhennyboy
    November 24, 2010 at 5:52 AM

    Iya bener banget bang ucok,
    Banyak baca dan nanya cepet mengerti , sebelum gabung di kaskus gw memang suka banget sama pisau sampe2 dulu waktu SD kelas 1 gw pernah di tangkap polisi di tengah jalan gara2 bawa pisau selam taifib punya om gw, dan selalu bawa tidur bayonet kuno punya bokap,sampai ngumpulin uang setahun cuma utk beli pisau cina di siola surabaya, tp semua itu dengan keterbatasan pengetahuan tentang pisau, setelah gw sering ronda di trit kaskus yg akhirnya gatel juga pengen gabung kecintaan gw pada pisau semakin lebih lg, apalagi di trit ternyata banyak yg lebih cinta dr pd gw, iri rasanya, karena kecintaan inilah jg ngerti mana piso palsu dan mana pisau asli, jd ga ketipu lg kalo mau beli piso. Dan gw skr beli piso ga kaya dulu beli kalap asal suka langsung beli, dan ternyata cina.mudah2an piso bisa lebih dihormati oleh penjual dan pembeli dan blog bang ucok bisa di jadikan gudang ilmu bagi temen2 yg ingin tahu lebih banyak tentang pisau

  4. 5 Kuliarang
    May 12, 2010 at 10:55 PM

    Dulu waktu gw masih ngantor dijakarta/bandung… senang rasanya bisa indent langsung bilah2 yg kita inginkan.. Sekarang mana bisa seperti itu lagi.. krn selain gw hidup didusun2..yg tdk memungkinkan utk bisa leluasa bertransaksi.. faktor prosedur dibea cukai pun kayaknya tambah ribed juga dan memerlukan kesabaran yg tingkat tinggi…,dan akhirnya gw putuskan utk tdk indent lg pisau2 yg gw suka ( sory migran gw suka kambuh kalo banyak diperas oknum beacukai ), dan bagi gw.. mendingan gw byr $50 ke yg benar2 ngurusin drpd hrs berurusan dgn tukang peras rakyat.. huhuhu..

    Jujur saja thread jualbeli dikaskus adalah satu solusi dan bagi gw banyak sekali menghibur.. ya. tak jarang banyak barang2 muncul dan mengundang pertanyaan2 baru yang kadang mengelitik dan membuat gw twrsenyum sendiri..

    Btw.. itu hak mereka dan paling tidak sudah memberikan andil dalam meramaikan pasar pisau kaskus..

    Walau jujur saja sebenarnya gw sangat merindukan satu etalase yang menyediakan barang2 berkualitas dengan segudang penjelasan, pembelajaran serta pencerahan akan bilah2 yang dipajangnya, bukan sekedar jual saja..

    Tulisan gw gak akan panjang2 ah.. akhirnya gw bwerharap etalase di frid blog isinya bisa nambah gak cuma buck110 custom doang.. tp banyak lagi bilah yang bisa membuat hidup ini lebih hidup….

    regards


Leave a Reply

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 26 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

