05
Feb
10

sombong baja


Dulu gua sempet jadi steel snob. Artinya setiap pisau semata-mata gua nilai dari bajanya. Memang nggak semua baja bagus, tapi gua pikir setiap baja juga bisa spesifik dalam aplikasinya. Nggak ada baja all around yang sempurna di semua lini. Masing-masing ada kekurangan dan kelebihan. Konon ada tiga jenis baja yang masih akan bertahan lama, 440C, D-2, dan 1095. Masing-masing kebetulan mewakili stainless steel, semi-stainless, dan baja karbon.

Masih banyak peran lain yang penting hadir dalam sebuah pisau yang baik selain baja yang bagus dan heat treatment yang tepat. Masih ada blade design, ergonomi, edge geometry, dan seterusnya. Semuanya harus terwakili dengan tepat untuk menghasilkan pisau yang baik. Yang baik lho, bukan yang sempurna. Menurut gua gak ada pisau yang sempurna. Yang bagus dan baik banyak.

Sekarang ini bukan berarti gua mau beli pisau dengan jenis baja apa aja, tapi paling nggak faktor lain juga turut gua perhitungkan. Buat gua AUS-8 dan 440C jadi standar minimum. Hari gini udah lewat masanya beli pisau dengan baja 440A, 420J2, 420, atau AUS-4. Baja-baja baru semisal CPM M4, ZDP 189, CPM S90V, Duratec, dst gak ada salahnya dicoba namanya juga pengen ngikutin perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, tapi tetap aja baja-baja yang sudah teruji waktu seperti 440C, 1095, D-2, ATS-34/154-CM kadang lebih aman dijadikan pegangan.

I WAS a steel snob.


5 Responses to “sombong baja”


  1. October 26, 2010 at 7:11 PM

    Setelah baca blog ini akhirnya saya jadi sadar bang, ternyata saya sekarang sudah ikutan steel snob setelah mulai ngerti sedikit-sedikit tentang material baja..🙂

    • October 26, 2010 at 10:35 PM

      Wah kalau gitu dibahas lagi deh apa yang lebih penting dari sekedar baja. Bukan berarti baja nggak penting tapi paling nggak ada faktor terkait yang lain yang perlu dipertimbangkan.

      • October 27, 2010 at 11:10 PM

        Iya bang, banyak faktor yang terkait dalam pemilihan suatu pisau. Tapi terus terang untuk 1 faktor aja misalnya keindahannya, bingung lihatnya bang, banyak yang indah-indah. Karena baru ngerti tentang campuran baja dari Steel FAQ malah jadi tertarik dengan unsur bajanya… he5x… Berarti itu artinya saya masih siaga bang kalau dalam dunia pramuka.. he5x… harus belajar banyak lagi, mungkin kalau sudah naik tingkat lagi baru bisa menghilangkan kesenangan akan unsur baja dan melihat faktor-faktor yang lainnya… he5x… Thanks ya bang atas pelajaran yang diberikan selama ini…🙂

  2. 4 Naturalist
    February 6, 2010 at 1:18 PM

    Saya coema pengalaman ama 5610 (per) ama bar chainsaw.
    Per mobil menoeroet saya OK jg asalkan yang ngerjain “mahir”.
    Tapi sekarang ini memang sedang mencari dengan bilah berbaja “soeperior”.
    Ma coba2 ngerasain….
    Yang jelas asal jangan besi pagar aja😀


Leave a Reply

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


