08
Feb
10

pisau di atas


Edit: Sekarang gambarnya ada di samping

Ada yang tanya: “Pisau di gambar di atas blog itu apaan sih?”

Itu single blade trapper slipjoint. Dibuat oleh Ian Vanreenen dari Amarillo, Texas. Bajanya ATS-34. Slipjoint terdiri dari banyak pattern dan trapper adalah salah satunya yang paling populer. Tanpa locking dan biasanya membukanya menggunakan congkelan kuku (nail nick). Metode pembuatannya cukup rumit, makanya pisau-pisau model begini biasanya lumayan mahal.

Tapi pisau slipjoint by design sangatlah menarik untuk dijadikan EDC dan digunakan sehari-hari. Bentuknya yang klasik dan berkesan tidak menakutkan justru membuat orang makin tertarik dengan jenis pisau ini. Modelnya yang banyak dan berbagai macam variasi material handle-nya membuat pisau slipjoint hampir nggak ada batasnya. Di Amerika biasanya pisau-pisau jenis ini dibawa oleh orang yang mulai berumur yang udah melewati masa-masa doyan pisau genre tactical dan sejenisnya. Beberapa merek ternama yang membuat model-model slipjoint terbaik adalah Case, Queen Cutlery, Great Eastern Cutlery, Moore Maker, Schatt & Morgan, Bulldog, dll.

Beberapa nama custom knifemaker yang sering membuat atau menekuni slipjoint adalah Tony Bose, Reese Bose, P.J. Tomes, Hiroaki Ohta, T.A. Davidson, Ian Vanreenen, Tim Britton, Dan Burke, Ray Smith, Mike Zscherny, dll.

Cobain satu dengan serius, elu akan tahu betapa menariknya genre pisau slipjoint ini.

I love slipjoints.


6 Responses to “pisau di atas”


  1. 1 Naturalist
    March 15, 2010 at 1:05 PM

    @ Bro Sandalian, saya baru ngambil Case XX trapper dengan harga sampe Indo US$65an gitu
    Jadi ada kok yang 500-600an

  2. March 11, 2010 at 10:22 PM

    Belakangan ini saya lebih tertarik dengan pisau-pisau berdesain sederhana seperti ini. Cuma yang jadi pertanyaan adalah adakah pisau dengan genre seperti ini dengan kisaran harga 500-600 ribu?

    Sepertinya tidak ada ya Om, harus menabung lagi😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: