10
Feb
10

membuat pisau? kenapa tidak!


Morning guys…

Ada saat di mana orang yang seneng atau hobby dengan pisau terpancing untuk bikin sendiri sebuah pisau. Kadang memang gemes melihat benda kecil bagus itu dan kita mulai berpikir: “Kenapa gua gak bikin sendiri aja?”

Seharusnya semua orang bisa bikin pisau dengan layak. Mulailah belajar-belajar dari internet, baik itu secara tertulis maupun dalam bentuk video. Mencari informasi sebanyak mungkin tentang apa yang mau dikerjakan adalah sebuah permulaan yang baik. Yakinlah bahwa elu cukup mengetahui apa yang sedang elu lakukan.

Ketahui dari awal bahwa membuat pisau juga adalah sebuah kegiatan yang cukup atau malah amat berbahaya dari segi keselamatan kerja. Dalam membuat pisau kita banyak melibatkan mesin-mesin yang berputar dalam kecepatan tinggi. Kita juga mau tidak mau harus berurusan dengan sumber panas (api ataupun oven). Kita juga banyak memegang benda yang terbuat dari metal dan kadang berbentuk tajam. Pikirkanlah untuk menggunakan alat-alat yang mengurangi risiko kecelakaan kerja. Gunakan masker atau kaca mata kerja yang baik, sarung tangan kerja, pakai sepatu (jangan sendal atau nggak ada alas kaki sama sekali), dst. Gua sering bilang, nggak lucu kalau kita pengen fun tapi harus kehilangan jari, luka parah, atau rumah kita terbakar.

Ngobrol-ngobrol deh di forum pisau, ketemu lah dengan orang-orang yang pernah membuat pisau dari awal hingga akhir,  bersedialah jadi penonton sejenak sebelum mulai mengerjakan sendiri. Banyak orang langsung ambil selembar baja dan mulai mengerjakan hal-hal yang nggak bisa dia bayangkan. Mulailah dari bentuk-bentuk pisau yang kecil dan sederhana modelnya. Jangan baru-baru sudah mulai dari rencana membuat sebuah pedang atau khukri.

Teteplah enjoy walaupun membuat pisau sangat melelahkan dan menyedot banyak waktu.

Happy knifemaking.


1 Response to “membuat pisau? kenapa tidak!”


  1. 1 imfaros
    February 10, 2010 at 3:17 PM

    wak, nitip bahas anatomi piso dung..

    tq
    imfaros


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: