18
Feb
10

baja apa untuk memulai bikin pisau?


Orang yang pengen mulai-mulai belajar bikin pisau sendiri biasanya dihadapkan pada kesulitan untuk memilih material yang dipakai pada tahap-tahap awal membuat pisau. Makin ditanya, makan banyak jawabannya. Ada yang mengusulkan rem cakram motor, klaher kendaraan bermotor, limbah kikir, limbah pahat, dan masih banyak lainnya lagi. Problem terbesar dengan baja yang tidak kita kenal jenisnya adalah kesulitan kita untuk menentukan heat treatmet yang pas untuk baja tersebut. Makin nggak jelas metode heat treatment-nya, maka makin nggak jelas juga hasilnya. Mau bereksperimen? Silakan juga, asal hasil2nya terekam dengan rapih supaya ingat dengan apa yang dilakukan.

Tapi buat gua pribadi, memulai dengan per daun kendaraan seperti mobil, bis, ataupun truk adalah sebuah permulaan yang baik. Selain mudah didapat dengan harga yang sangat murah, bentuknya sendiri sudah pipih dan memanjang. Gua pernah coba bikin pisau dari per keong gerbong kereta api. Harus ditempa dulu supaya dia pipih tapi hasilnya nggak terlalu memuaskan. Gua curiga ada sedikit chromium di dalamnya sehingga dia cepat mengeras saat dipukul martil. Tanda-tanda awal bukan baja yang baik untuk ditempa.

Satu hal yang gua nyesel mulai dari awal dalam belajar membuat pisau, adalah gua nggak pernah belajar membuat pisau dari kayu. Padahal mulai dengan kayu membuat kita mendapat gambaran bagaimana menghasilkan sebuah bentuk pisau dari material yang berbentuk persegi atau malah kayu bulat. Dengan kayu kita juga bisa belajar menggunakan kikir, amplas, dan gergaji, sebelum kita ketemu dengan material yang lebih keras. Belajar membentuk sebenarnya nggak seberapa sulit. Yang nantinya membutuhkan sedikit konsentrasi adalah pada saat memasuki proses heat treatment alias mengolah sebuah baja lembek menjadi pisau dengan kekerasan yang ideal sebagai alat potong dengan bantuan energi panas.

Belajar membuat pisau dengan mengabaikan proses heat treatment sama saja dengan belajar masak tapi nggak mau tahu cara mengolah makanan tersebut d atas api/kompor. Heat treatment adalah jantung pembuatan pisau yang baik.

Learn the whole thing first, the rest is up to you.


0 Responses to “baja apa untuk memulai bikin pisau?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: