20
Feb
10

traditional knives


Gua masih inget beberapa hal seperti sejak tahun 2000 gua mulai jadi “lurker” di forum customknifedirectory. Tahun 2001 Dana Acker dari Acker Forge seorang knifemaker aliran tribal ngajakin gua untuk gabung aja sebagai member di sana supaya gua bisa nimba ilmu lebih nyaman. Sejak tahun itu gua jadi anggota di sana yang hari ini jadi knifenetwork.net.

Di situ gua ketemu para knifemaker yang dengan sukarela membimbing orang lain untuk makin tahu tentang dunia knifemaking, walaupun gua hanya iseng aja pengen tahu pembuatan pisau saat itu. Aliran tribal atau aliran frontier seperti yang ditekuni Dana Acker,Tai Goo, Daniel Winkler, dll yang gua lupa namanya, menurut adalah aliran yang sangat “dekat” dengan tradisi pisau tradisional Indonesia. Karya-karya dalam aliran ini masih sangat memukau mata dan hati gua sampai hari ini.

Tampilan mereka yang berkesan tradisional nggak bisa menyembunyikan kualitas yang mereka hadirkan. Orang-orang ini adalah orang-orang idealis yang masih mengerjakan pisau dengan cara-cara yang kuno, namun tetap menghadirkan pisau-pisau yang sangat berperforma untuk dipakai. Mereka tidak membungkus tradisionalisme dengan kepolosan. Tai Goo, misalnya adalah orang yang terus menerus memberikan ide-ide brilliannya soal heat treatment. Daniel Winkler secara rutin tetap mengikuti berbagai cutting competition di berbagai negera bagian di AS sampai hari ini.

Aliran tradisonalisme atau tribal ini sangat unik dan berkarakter kuat. Gua berharap banget ada knifemaker-knifemaker lokal Indonesia yang berani menekuni aliran tribal ini tanpa mengabaikan kualitas pisaunya sebagai using tools. Kelihatan orthodoks dalam penampilan tapi tetap memperhatikan heat treatment yang tepat, blade geometry yang baik, dan performa pisau yang prima secara keseluruhan.

I have a dream.


1 Response to “traditional knives”


  1. 1 Naturalist
    February 21, 2010 at 1:22 AM

    Nice post Bro…
    Tribal knifemaking memang menarik..
    Mexican knifemaker banyak toeh yang masih seperti itoe dan psaioe bowie prodoek mereka mantab2.

    Menoeoet saya sih kayaknya mereka memang melihat “memboeat pisaoe” sebagai jalan hidoep, faktor ekonomi ngikoet aja seiring waktoe.
    Memang sih pisaoe2 Tai Goo “sangat berharga” (baik doeit dan koealitas)


Leave a Reply

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


