21
Feb
10

senjata tajam atau tools???


Fred Carter

Gua pribadi nggak suka menganggap atau menyebut pisau dengan istilah senjata tajam atau malah dipendekin seperti istilah polisi yang menyebutnya sajam.

Harus diakui secara historis, pisau adalah alat yang digunakan manusia untuk meringankan pekerjaannya sehari-hari, namun pada saat tertentu bisa juga dijadikan sebagai senjata. Di dunia ini memang hanya ada dua kategori senjata, impact dan edge.

Tapi sekarang kita hidup pada masa yang jauh lebih beradab. Masalah tidak seenaknya saja bisa diselesaikan dengan senjata tajam. Kita tidak hidup pada masa di mana kalau diplomasi gagal, maka senjata menjadi pilihan akhir. Kita hidup dalam masyarakat atau tatanan yang mengenal hukum. Hukum adalah otoritas tertinggi di mana semua warga negara tunduk padanya.

Pada masa lampau keris dibuat untuk membunuh orang. Nggak ada keris punya nilai utility di dapur. Pada masanya katana adalah alat berperang dan lambang kehormatan. Nggak ada samurai Jepang yang masuk ke hutan untuk menebang pohon menggunakan katana. Hari ini udah nggak zamannya kita bawa keris atau katana di pinggang untuk berperang. Sedangkan militer hari ini saat maju berperang tetap menganggap senapan serbu mereka adalah senjata, sedangkan pisau mereka adalah tools.

Rick Palm

Tapi apakah pisau bisa dijadikan senjata? Bisa aja. Demikian juga dengan pinsil, ballpoint, kunci mobil, senter, majalah, batu bata, balok, gelas, botol, dan ratusan benda lain di sekeliling kita. Gua percaya kutipan yang bilang: “Semuanya bisa jadi senjata, asal pegangnya benar”.

Jadi membawa pisau lipat di kantong celana terus merasa sedang membawa senjata tajam, menurut gua terlalu berlebihan. Di sisi lain, polisi yang melihat orang membawa Victorinox, atau Spyderco Delica di kantong celana kemudian menuduhnya sebagai pembawa senjata tajam, juga terlalu berlebihan. Cobalah bikin survei kecil-kecilan, dari sekian banyak banyak penjahat yang melakukan tindak kriminal menggunakan pisau dalam aksinya, seberapa banyak sih yang melakukannya dengan Spyderco, Benchmade, Kershaw, Case, Emerson, atau Extrema Ratio sekalipun.

Jadi gua pikir yang harus diubah terlebih dahulu adalah cara berpikir. Cara memandang. Baik itu cara berpikir mereka yang menyukai pisau, maupun masyarakat keseluruhan. Dulu waktu gua masih kerja kantoran gua sering sengaja taruh di atas meja gua Benchmade 801 AFCK. Awalnya temen-temen kaget ada pisau lipat sebesar itu di atas meja. Tapi perlahan mereka kenal gua dan kenal apalah artinya sebuah pisau kalau nggak berada di tangan penjahat. Pisau kan nggak lompat sendiri dari meja terus menikam orang. Benda itu alat mati yang tergeletak begitu aja. Terbukti cara berpikir orang lain juga bisa berubah.

Masyarakat atau aparat hukum kadang malas menggali akar dari kriminalitasnya dan secara gampang menyalahkan alat yang digunakan dalam kejahatannya. Bakal panjang nih. Besok lanjut lagi.:)

It’s in your mind. That’s the whole matter.


1 Response to “senjata tajam atau tools???”


  1. 1 Kuliarang
    February 23, 2010 at 9:59 AM

    Kejahatan sebenarnya terjadi bukan saja karena niat pelakunya tetapi karena kesempatan.. jadi waspadalah!…waspadalah! ( Bang napi red ), 12 tahun gw kerja sama bule.. hampir rata2 dipinggang mereka terselip leather Pouch tempat bersemayam folding knive mereka ( apalagi kl mereka baru/pertama kali kerja di Indonesia )…malahan pernah beberapa kali merayakan ” One million works hours without fatal accident ” selain mendapatkan buckle sabuk kami mendapatkan pula ” Leatherman ” yang kemudian ceremonial ini menjadi icon didunia pertambangan ( kalo belum dapat buckle & leatherman berarti belum lama kerja di tambang..he..he )kalo dihubung2kan ini bukan berarti kita dipersenjatai kan..?
    Terlepas dari apa argumen kita semua tentang benda ini, yang pasti yang terjadi dan kami rasakan adalah ketika tugas kita berhubungan dengan alam maka akan lebih mudah dan aman kl benda ini selalu setia mendampingi kita… yessss we are in the jungle with a lot of risk so.. makes your job feel easy, and safe..man..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: