22
Feb
10

stainless steel vs carbon steel


Darrel Ralph

Ini bukan pilihan yang mudah. Ada banyak varian harus diperhitungkan di sini. Tapi gua akan coba pandu sesuai dengan kebutuhan aja. Paling nggak kita sedikit dapat gambaran yang lumayan cerah setelah ini.

Untuk pisau lipat pabrikan saat ini bisa dikatakan hampir semuanya menggunakan stainless steel (SS). Dengan ukuran dan tujuan pisau ini dibuat sebagai EDC memang sebaiknya menggunakan SS karena sifatnya yang terus menerus dekat dengan tubuh yang kadang lembab oleh keringat. Tapi di sisi lain para penggemar slipjoint justru memilih baja carbon semisal 1095 sebagai EDC mereka. Selan karena pertimbangan kemudahan diasah kembali, juga karena kesan “terpakai” akibat munculnya patina pada carbon blade.

Diakui bahwa carbon steel lebih reliable dan mudah tertebak karakternya ketimbang SS. Banyak orang lebih baik punya pisau dari baja karbon nggak jelas, daripada baja SS nggak jelas. Memang SS kelihatan indah terus karena bajanya bebas bercak, tapi beranggapan bahwa SS gak bisa karatan adalah salah total. Semua baja akan berkarat, masalahnya adalah kapan.

Stainless steel juga banyak jadi pilihan karena sifatnya yang tidak banyak menuntut perawatan. Tapi sebenernya kalau kita cinta pisau, maka merawat adalah sebuah kesenangan tersendiri. Gua pribadi menemukan kesenangan tertentu waktu membersihkan slipjoint gua yang bajanya 1095 setelah selesai dipake. Gua pernah terbangun jam 1 subuh karena teringat belum bersihin dan minyakin kembali pisau itu. Gua nggak ngomel-ngomel waktu bangun bersihin dan rawat dia, karena gua tahu kalau dia gua rawat, maka  pisau ini masih akan menjadi penolong gua sampai beberapa tahun ke depan. Dan gua sadar banget bahwa the enjoyment of having a knife is when I use it.

Don Fogg

Baja karbon juga adalah pilihan tepat untuk pisau-pisau hard use berukuran besar. Sifat impact resistance yang rendah pada SS membuatnya kurang ideal untuk pisau-pisau besar. Bukan berarti tidak ada pisau seukuran bowie menggunakan SS, tapi dengan asumsi jika semua variannya sama, maka bowie dengan baja karbon pasti akan lebih tahan dalam penggunaan serius. Jadi pada akhirnya jenis pisau yang kita inginkan lah yang penentu baja jenis manakah yang tepat untuk aplikasi itu.

Always start from what you need.


2 Responses to “stainless steel vs carbon steel”


  1. 1 prabu
    May 30, 2011 at 7:30 PM

    bro bisa bagi ga tips khusus untuk merawat pisau ari baja karbon. karena kena getah sedikit saja trus ga segera di bersihkan akan tampak terus tu noda. untuk merawat dan membersihkannya pakai apa? ada yang bilang pakai autosol atau batu hijau. tapi ku cobz tetep aja ada bercaknya

  2. 2 Naturalist
    February 24, 2010 at 6:03 AM

    Bro, boleh dong satu dua lembar dibahas disini dengan agak lebih detail lagi pros & cons SS dan carbon steel berkaitan dengan tipe bilahnya. Entah itu folding knife atau fixed blade.
    It will very useful though!

    Keep posting Bro


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: