01
Mar
10

Apakah jantung sebuah pisau?


Gua sering bilang, bahwa heat treament adalah jantung sebuah pisau. Ini bukan pernyataan buatan gua. Ini hampir seperti sebuah hukum. Sama halnya dengan pernyatan, bahwa mesin adalah jantung sebuah mobil atau kendaraan bermotor.

Heat treatment-lah yang mengubah sebuah baja yang empuk menjadi sebuah pisau yang memiliki kekerasan berguna. Pisau yang underhardened hampir-hampir nggak bisa dipakai, dandi sisi yang lainnya pisau yang terlalu keras pun nggak lebih baik untuk digunakan. Apa yang diinginkan adalah pisau yang berhasil memperoleh kompromi antara kekerasan dan ketangguhan. Heat treatment hanyalah bagian kecil dari sebuah disiplin ilmu metalurgi. Artinya untuk bisa memahami heat treatment untuk pisau, kita nggak perlu mempelajari metalurgi secaa keseluruhan. Demikian pula orang yang menguasai imu metalurgi tidak serta merta hebat dalam heat treatment pisau.

Pisau adalah sebuah benda yang seringkali memiliki cross section yang rumit. Kerumitan ini sangat banyak mengalami tekanan pada saat heat treatment. Pisau memiliki banyak lekukan, perbedaan ketebalan, dan berbagai kombinasi radius dalam satu buah pisau saja. Dan dalam penggunaannya pun pisau sangat banyak mengalami benturan yang datang dari sudut yang tidak konsisten dan berbeda-beda pula kekuatannya. Artinya sebuah pisau pada saat menjalankan tugasnya sangat sulit diantisipasi apa yang akan dilakukannya. Oleh sebab itu sebuah pisau haruslah tangguh.

Tugas seorang pembuat pisau dengan melakukanheat treatment adalah mencapai kompromi yang tepat antara kekerasan dan ketangguhan sebuah pisau dalam perutukan pisau tersebut nantinya. Sebuah pisau tebas akan membutuhkan lebih banyak ketangguhan daripada kekerasan, sementara sebuah pisau skinner akan sangat membutuhkan kekerasan yang tinggi untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebuah parang besar sebaiknya menggunakan baja sederhana seri 10xx yang dikeraskan pada rentang 55-57HRC sementara pisau berburu atau untuk menguliti hewan sebaiknya menggunakan baja-baja yang maksimal pada kekerasan tinggi semisal D-2, 12C27, dll. Bob Dozier mengeraskan pisau2 huntingnya pada rentang 61-62 HRC. Tapi apakah yang akan terjadi dengan pisau itu jika terjatuh dari ketinggian 50cm saja? Ouch!

Apa yang membedakan knifemaker dan blacksmith adalah para knifemaker berurusan dengan baja yang membutuhkan heat treatment untuk menghasilkan pisau yang bisa dipakai. Di sisi lain blacksmith jarang sekali atau malah tidak berurusan dengan heat treatment dan hasil karya blacksmithing biasanya lebih banyak ragamnya.


0 Responses to “Apakah jantung sebuah pisau?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: