03
Mar
10

karat!


Konon karat adalah musuh baja nomer satu. Kalau yang dimakan karat adalah pagar di depan rumah, siapa yang perduli. Tapi gimana rasanya kalau yang kena karat adalah pisau kesayangan kita?

Gua sering bilang bahwa semua baja akan berkarat, masalahnya tinggal pada kapan saatnya. Kebanyakan pisau custom yang mahal justru pakai baja karbon semisal 52-100, 5160, 1084, W-2, O-1, M-2, L-6, dll yang notabene sangat rentan terhadap karat. Stainless steel di sisi lain memang cukup sederhana perawatannya, walaupun tetap dibutuhkan kewaspadaan.

Pisau-pisau yang dipakai (using knives) biasanya justru sedikit bermasalah dengan karat asal saja sebelum disimpan pisau ada dalam keadaan dibersihkan dan kering. Tapi pisau2 yang disimpan biasanya sensitif karat apalagi jika ditinggal di dalam sarung kulit yang kurang baik pada saat penyamakannya.

Kadang karat dijadikan alasan kenapa orang lebih condong memilih stainless steel. Padahal gua pikir orang yang memilih pisau dengan alasan tadi adalah orang yang malas merawat pisau-pisaunya. Pisau yang sering dirawat akan mudah terdeteksi jika ada karat yang mulai merambat. Pada tahap awal karat sangat mudah dihadapi, mulai dari sekedar membersihkan dengan cairan semisal Flitz, White Lightning, dll, sampai harus menggunakan steel wool yang halus.

Sifat karat pada baja juga berbeda-beda. Ada yang sifatnya hanya di permukaan, ada juga yang sifatnya melesak masuk ke dalam pori baja. Yang pertama lebih mudah dihadapi daripada yang kedua.

Kadang juga orang menganggap bahwa baja atau pisau yang dicoating akan lebih aman terhadap karat. Tapi jangan lupa bisa jadi karat justru merembet pada lapisan dalam coating. Ini mungkin saja terjadi kalau pisau tdak ada dalam keaadaan bersih pada saat dicoating. Karat akan merambat pada kecepatan yang tidak kita ketahui dan tak terdeteksi sampai semuanya terlambat. Pemakaian minyak atau wax dan lainnya adalah semacam media yang mencegah udara langsung mengenai permukaan pisau sehingga proses oksidasi praktis terhambat.

Penggunaan bahan2 kimia tertentu untuk merontokkan karat juga harus diperhatikan baik-baik, jangan sampai sifatnya malah merugikan bajanya sendiri. Gua pikir kalau sifat karatnya diperhatikan, jenis bajanya diperhatikan, dan pisaunya sendiri diperhatikan, maka karat seharusnya nggak perlu jadi musuh pisau kesayangan kita.


1 Response to “karat!”


  1. 1 Kuliarang
    March 4, 2010 at 12:10 AM

    Dari sekian banyak solusi.. bg gw ” diminyaki” adalah alternatif yg baik saat ini, ada banyak simpenan gw tinggal dibandung yg baru kena sentuh lagi sekitar 3 bulan sekali, saat gw balik kebandung.. semua gw bersihkan, dielus, sekaligus dinikmati keindahannya dan ketika mereka gw tinggalkan lagi.. semua gw minyaki pake ALUPCO sampe licin ( terutama bagian blade )metoda ini biasa digunakan untuk senpi ketika akan dikandangkan dlm waktu yg tdk terbatas, pengalaman pribadi : waktu pemilu perburuan dihentikan sekitar 5-7 bulan otomatis senjata ngandang dipolda/perbakin, biasanya gw mandiin sekalian krn maless bolak-balik.untuk senpi yang disimpan di Gunboot biasanya gw sumpelin pake GEL CELLICA untuk menyetabilkan asam karena karat biasanya muncul karena ada ASAM.
    Btw, ALUPCO adalah minyak senjata B7.. yang biasa dipake lubrikasi pada loop/laras senjata api dan dipake kesatuan polri/TNI.. ada banyak jenis minyak senjata bisa kita gunakan tapi hindari yang berbahan teflon ( supaya awet )yg paling bagus Colt punya buatan amrik tp gila mahal banget (krn lotion), kalo alupco buatan lokal tapi sdh uji kualitas.. dan banyak jualannya.. paling tdk kalo ada saudara/temen yg anggota TNI/polri bisa minta bagi..he..hee.
    Itulah sekelumit pengalaman gw yang cupu ini bro, mohon dimaklumi caranya masih ortodox.. gak kaya elu-elu pada.. he..he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: