06
Mar
10

tactical knives


Emerson

Dengan tongkrongan yang seseram dan seangker itu, banyak orang berpikir bahwa tactical knives adalah pisau yang dibawa oleh semua polisi, militer atau operator2 agen rahasia seperti di film2.

Tactical knives adalah sebuah trend. Konon Ernie Emerson dari Emerson Knives dan Bob Terzuola adalah tokoh2 yang jadi motor trend pisau genre ini di sekitar tahun 1980-an. Lepas dari interpretasi yang berbeda-beda dari apa yang bisa disebut sebagai tactical knives, Kevin Mclung dari Mad Dog Knives punya sepuluh batasan yang menarik mengenai apa itu tactical knives. Tulisannya masih bisa ditemukan online.

Dengan ciri2 fisik yang cukup intimidatif, genre tactical knives biasanya dengan cepat menangkap hati mereka yang baru mulai menyukai hobby pisau. Ada kesan yang menyatu antara seramnya anggapan banyak orang tentang pisau dan aliran tactical knives sendiri. Orang berlomba-lomba ingin memiliki pisau yang dipromosikan sebagai pisau resminya SEAL atau kesatuan elite militer tertentu. Iklan2 yang mengasosiasikan pisau2 ini dengan aksi-aksi militer atau istilah2 seram membuatnya semakin menggairahkan.

Strider Knives

Lihatlah apa yang dilakukan oleh Cold Steel dengan membabat daging besar yang digantung menggunakan pisau2 mereka dalam video promosinya. Lihatlah iklan2 pisau dari Extrema Ratio yang menunjukkan seorang operator sedang menggorok leher lawannya. Atau coba lihat iklan Strider yang memperlihatkan beberapa anggota special opration units sedang menyerbu lawannya dengan Strider di tangan. Atau coba baca tulisan iklan Dark Ops dalam promosi mereka.

Cara2 marketing seperti ini mendorong banyak orang makin tertarik dengan pisau2 tactical. Sekarang istilah makin merembet ke produk2 lain seperti tactical pen, tactical lights, tactical vest, tactical boots, dst. Tapi dalam batasan seperti ini, maka kata tactical adalah marketing jargon. Pasar fanatik mereka biasanya dikenal dengan istilah mall ninja. Artinya orang2 yang bercita-cita pengen jadi ninja tapi mainnya di mall.

Nggak ada yang salah dengan tactical knives. Hampir semua orang yang suka atau hobby pisau pernah mengalami tergila-gila dengan aliran ini. Biasanya pisaunya nggak pernah dipakai. Coating yang gelap atau bermotif aneh2 membuat pemiliknya makin sayang pakenya karena takut tergores atau malah terkelupas.

Seiiring dengan waktu biasanya selera pada aliran ini bergeser dan orang mulai sadar bahwa tactical knives hanyalah sebuah aliran dan nggak ada yang serem atau sangar di situ. Percayalah nggak ada pasukan khusus yang pakai Strider. Nggak ada anggota SEAL Amerika yang pakai Dark Ops. Strider terlalu mahal dan Dark Ops adalah pisau komik  dan totally trash.


1 Response to “tactical knives”


  1. 1 D1G1T
    April 4, 2010 at 1:14 PM

    Striderku tak dipake SpecOps…daku tertipuu……:(
    Mana ada Dork-Ops selemari lagi…hufff…

    Blog yang bagus Wak. Teruskan!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: