13
Mar
10

bawa pisau sebagai EDC?


Ken Coats Trapper

EDC adalah everyday carry artinya kurang lebih bawaan lu secara rutin setiap harinya. Pisau adalah salah satu EDC gua yang penting. Dan di usia lebih dari 40 tahun gua baru ngerasain berani bawa EDC pisau lipat seharga di atas $300. Seorang temen nanya: “Tapi ini nggak akan dipake kan?” Gua jawab: “Lho apa gunanya gua bawa kalau gua nggak berani pake.” Gua bukan kolektor pisau. Ada pisau yang gua pisah karena mau gua jual. Tapi ada pisau yang dari belinya sudah diniatkan mau dipake, jadi nggak ada juga alasan untuk nggak dipake.

Kalau satu dollar Amerika sama dengan 10 ribu rupiah, maka dalam satu hari harga pisau gua itu cuma lebih sedikit dari 10 ribu rupiah dalam satu tahun. Murah kan? Kalau pisau itu kemudian nggak bisa gua pakai lagi dalam satu tahun, maka menurut gua pisau itu memang sudah waktunya pensiun. Tapi gua juga tahu persis, dengan penggunaan yang rasional dan perawatan yang baik, maka pisau EDC gua itu masih bisa jadi andalan gua sampai 5 tahun ke depan. So…. apa yang mau disayang.

Menurut gua kalau kita berani bawa pisau sebagai EDC, maka pisau itu harus siap dipake. Kalau nggak berani dipake mending bawa pisau lain yang lebih berani elu pake. Gua bawa EDC gua dengan seharga itu bukan karena mau gaya2an. Tapi gua pikir untuk apa juga gua beli pisau lumayan mahal kalau cuma untuk dipegang, dielus, dan dipandang. Dari mana gua tahu dia layak dihargai lebih dari $300 kalau cuma dari penampilan fisiknya aja.

Kalau sebuah pisau memiliki jiwa, maka gua yakin dia akan merasa dihargai dan dihormati kalau dia digunakan sehari-hari dalam hidup kita sebagai pemiliknya. Mengupas plastik tebal dengan kuku mungkin bisa aja. Tapi ngapain pake kuku kalau punya pisau. Ngupas buah memang biasanya pakai pisau dapur, tapi ngapain nunda makan buah dalam perjalanan kalau pisau dapur nggak ada sama kita. Makan steak memang dikasih pisau, tapi ngapain susah2 kalau pisau yang disediain tumpul sementara di kantong ada pisau yang tajam.

Konon dalam penggunaan umum, di atas 90% kita hanya menggunakan sekitar 2 inchi atau 5 cm saja dari blade sebuah pisau. Jadi sebenarnya nggak ada juga alasan bawa pisau dengan blade 4 inchi atau 4,5 inchi sebagai EDC kalau hanya dengan blade 2 inchi saja sebagian besar tugas pisau sudah beres. Jadi masalahnya bukan pada seberapa besarnya yang lu bawa, tapi pada seberapa efektifnya benda yang lu bawa.


1 Response to “bawa pisau sebagai EDC?”


  1. 1 setanis
    March 14, 2010 at 10:38 AM

    sepakat gw sama lu cok. . .🙂


Leave a Reply

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


