17
Mar
10

this tool open my mind!


Kata seorang temen deket, gua lagi tergila-gila slipjoint. Jawabannya: Nggak juga!

Sekarang ini gua lagi nungguin pisaunya Pohan Leu. Satu custom folder dari Patrick Nihiser. Dan satu folder Spyderco. Jadi nggak slipjoint minded juga.

Gua cukup terbuka lebar buat berbagai genre pisau kok. Slipjoint adalah mimpi lama yang baru2 ini bisa kesampaian karena niat untuk membelinya makin kuat. Dulu udah ada niatnya tapi masih lemah dan kalah bersaing sama genre pisau yang lain.

Pisau yang mungkin juga bakal jadi inceran berikutnya kalau ada uang kayaknya bakalan genre bushcraft. Udah ada beberapa custom maker yang jadi bidikan. Pengen tahu aja gimana pisau model ini berperforma di alam bebas saat ada kegiatan outdoor.

Pisau bushcraft dengan baja karbon kayaknya asyik juga. Toh kalau gua rasa gua nggak dapet feelnya pasti bisa disalurkan ke jual beli di kaskus. Gua nggak pernah merasa terpaku pada aliran tertentu. Dan keindahan kan memang sangat subyektif. Jadi tetap aja keindahan dan performa di mata pribadi gua lah yang akan jadi pilihan.

Tapi secara umum gua seneng lihat pisau2 yang punya nilai uitilitarian sangat kuat. Seharusnya nilai utilitarian lah yang jadi alasan utama orang melirik pisau sebagai alat. Percaya deh, lu akan lebih tenang kalau lu jalan membawa serta pisau yang lu yakin bisa diandalkan saat dibutuhkan. Itu juga yang ada di dalam pikiran operator lapangan atau pihak militer waktu mereka membawa pisau, mereka sedang membawa sebuah alat yang penting. Karena senjata di pundak mereka bukanlah perkakas. Waktu mereka perlu alat yang bisa diandalkan saat pertempuran tidak berlangsung, maka pisau adalah alat yang tepat.

Gua nggak pernah kebingungan untuk pilih pisau yang harus gua bawa hari ini atau besok. Bukan karena kebanyakan pisau, tapi karena cukup. Kadang gua juga bawa pisau yang gua tahu sulit dipake, but come on it’s my knife, it’s my right. Cobalah kapan2 beli pisau yang bagus, lu akan tahu betapa sulitnya untuk nggak bawa barang itu kecuali ukurannya katana atau golok.:)


2 Responses to “this tool open my mind!”


  1. 1 Kuliarang
    March 18, 2010 at 11:29 AM

    Kalo kita bicara estetika.. menurut gw gak akan habisnya folder2 itu kita buka, tapi seiring bertambahnya usia kita naluri akan menggiring kita untuk sebuah pilihan dimana bilah itu sdh terasa menjadi bagian dari anggota tubuh kita..

    Bro .. lu sndiri pernah bilang.. bahwa bukan hanya saja hepeng yang kita perlukan tetapi STRATEGI.. its allright man…

    Bagi gw, karya pohan leu.. memberikan satu inspirasi akan makna dari sebuah bilah, dimana folosofinya berkata ” Its me The real Knive for you ”
    soo… lu boleh ambil shinken gw.. but do not with the last PL.. he..he.he

    Bro.. Lu tau gak knp gw harus punya 2 PL ?? jawabnya pasti lu tau…

  2. 2 setanis
    March 18, 2010 at 1:25 AM

    wkwkwkwkwk. . . . lah gw punya sanrenmu 708 yang cuman 100rban aja sulit buat ga dibawa kok cok. . . secara memang cocok buat keperluan edc sehari2. . .😀

    tapi memang saat gw niat mengakuisisi sebuah benda, entah pisau, entah multitool, entah senter atau apalah, pertama2 yang gw liat itu bukan ke indahannya, tapi dari nilai kegunaannya, seberapa besar benda itu dapat membantu dan diandalkan dalam kegiatan gw sehari2. . . dan yang paling tau benda tersebut berguna dan cocok buat gw ya gw sendiri. . .

    buat slipjoint, memang genre pisau ini punya magnet yang agak aneh. . . kecenderungan gw waktu pertama kali kenal pisau, gw ga melirik jenis pisau ini. . . tapi semakin lama gw bergelut di dunia edc, menggunakan pisau untuk keperluan sehari2 (selain di dapur), gw makin tertarik dan memilih jenis pisau ini karena ukuran, bentuk dan fungsinya memang cocok buat edc sehari2. . .

    kalau boleh bahas dong ttg memilih slipjoint yg bagus dan fungsi dari masing2 patern besar yg ada. . .😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: