19
Mar
10

pisau sebagai alat jaga diri?


Ada banyak orang membawa pisau dengan alasan untuk bela diri atau jaga diri.

Konsep mengenai bela diri harus dipahami dulu. Bela diri nggak sama dengan berkelahi. Kita harus punya alasan kenapa kita membela diri kita. Dua jagoan yang bersenggolan di jalan terus baku hantam nggak bisa dibilang bela diri. Dua jagoan yang saling tatap terus baku hantam juga bukan bela diri. Ditodong penjahat terus dia minta dompet kita lalu dia kita hajar sampai masuk rumah sakit, juga bukan bela diri. Menghajar pencopet uang kita sampai dia mati adalah pembunuhan bukan bela diri. Bela diri adalah mempertahankan diri terhadap ancaman langsung atau tidak langsung terhadap keselamatan jiwa kita atau orang yang kita cintai yang ada bersama-sama dengan kita.

Persoalan berikutnya, apakah sang pembawa pisau dengan alasan bela diri/jaga diri ini pernah menjalani latihan menggunakan pisau. Pernahkah dia latihan berkelahi menggunakan pisau pisau yang selalu dia bawa. Apakah jenis pisau yang dibawa, pisau lipat atau pisau fix. Di manakah pisaunya dibawa, di badan, di dalam tas, atau di tempat lain. Pernahkah dia berlatih mencabut pisau bawaannya dengan cepat. Pernahkah berlatih menggunakan pisau secara kidal kalau kebetulan orangnya bukan kidal. Berapa detik sesorang bisa mengeluarkan pisau lipat dari kantong, membukanya, dan mengaktifkanya dalam sebuah fight.

Melihat elemen2 di atas, kita bisa berhitung betapa sulit sebenarnya membela diri menggunakan pisau. Belum lagi masih ada pertimbangan2 hukum yang belum akan gua bahas di sini.

Apa yang kita lihat asyik di film tidaklah seperti di dalam kejadian sesungguhnya. Semua yang ada di film sudah diatur. Nggak ada yang spontan dan brutal di situ. Dalam kejadian sesungguhnya, sang penjahat biasanya sudah pegang pisau duluan. Jadi dia sudah menang satu langkah dari orang baiknya. Aspek2 taktis di atas inilah yang pernah gua bicarakan dengan seorang sahabat, untuk bisa dijadikan pertimbangan tambahan dalam berlatih bela diri dengan pisau. Baik itu berlatih dengan teman latih ataupun dalam sebuah pelatihan.

Dengan melihat kompleksnya cakupan bahasan di atas, gua pribadi nggak pernah mendorong atau mendukung seseorang membawa pisau demi alasan bela diri. Gua nggak bilang bahwa pisau nggak bisa dijadikan alat untuk bela diri. Tapi pemahaman gua tentang bela diri nggak selalu sama dengan pemahaman orang lain tentang apa itu bela diri atau jaga diri. Gua sering bilang kalau gua dibebaskan untuk pilih alat untuk bela diri, maka gua akan pilih salah satu antara Kimber, Sig Sauer atau AR15 sekalian.

Masih banyak sebenarnya aspek yang bisa dibahas tentang pisau sebagai alat bela diri atau jaga diri, tapi untuk sekarang segini aja dulu.


2 Responses to “pisau sebagai alat jaga diri?”


  1. 1 Kuliarang
    March 20, 2010 at 8:47 PM

    Bertahun lamanya gw bergelut dengan bilah2 ini belum pernah bilah ini dipakai untuk melukai orang.. walau tak jarang kehidupan di proyek2 yang penuh dengan premanisme dan intimidasi2 serta aspek sosial kemasyarakatan menjadikan bilah ini sebagai alat untuk ” the last way for life “…ya paling tidak bagi gw alat ini bisa menjadi bekal untuk lari kedalam hutan kalau situasi tidak terkendali.. dan dengan bilah inilah gw berharap bisa survive..( memang seperti skenario situasional tp tdk menutup kemungkinan itu terjadi lagi.. mhn dimaklumi gw pernah ngalaminya ) itu yg terbaik bagi gw krn gw sampai saat ini belum bisa melukai orang dengan bilah2 ini..

    jadi bagi gw pribadi “Pisau” adalah alat bantu manusia untuk bertahan/mempermudah hidup.. dan banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan pisau termasuk the last way for life…” jaga diri” diantaranya kalo memang lu-lu pada sudah kagak ada jalan lain..

    Bro.. kalo lu pake sigsauer, gw skrg pake glock aja ah.. atau baretta 45mm magnum untuk alat jaga diri..untuk laraspanjangnya gw akan tetap milih styer cccp lama yang biasa dipake shimohaya sniper no.1 didunia.. jadi kalo lu ke unsri gak mampir dulu, gw bakal tembak ban mobil lu dari atas jembatan ampera sungai musi…..! catat itu!

    He..he.. just joke man… peace atuh bang….


Leave a Reply

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


