23
Mar
10

apa bajanya?


Coba ikut membayangkan sama2 gua. Ada sebuah pisau dengan handle dari presentation grade mammoth ivory. Bolstersnya dari nickel silver yang di-engraved oleh engraver ternama. Terakhir, bilahnya terbuat dari emas 22 karat. Yang lebih spektakular harganya cuma 3 juta rupiah. Apakah lu mau beli kalau uangnya ada? Gua pribadi nggak akan beli. Atau kalaupun gua kebanyakan uang akan gua beli untuk segera gua bikinin rak pajangan lengkap dengan lampu sorotnya yang kecil. Apa yang nggak menarik dari konfigurasi di atas? Kok bilahnya dari emas sih? Pisau atau pajangan?

Gua pikir kita punya persepsi yang sama bahwa pisau dengan tingkat keindahan di atas ada yang salah. Pisaunya nggak mungkin dipakai. Kenapa nggak bisa dipakai? Karena bilahnya terbuat dari emas yang nggak bisa ditajamkan. Kita sepakat bahwa baja pegang peranan penting dalam sebuah pisau. Tapi kenapa kita kadang nggak perduli dengan sebuah pisau apapun jenis bajanya. Dunia industri pisau saat ini tidak saja berkutat dengan masalah desain, estetika, ergonomi, dst, melainkan juga dengan pilihan baja yang akan digunakan.

Gua sering bilang bahwa di bawah AUS-8 is out of my book. Mau seperti apapun hebatnya pengerjaannya kalau pake baja 440A atau 440B, maka nggak akan gua lirik. 440C masih OK tapi kalau dengan desain yang sama dan harga yang lebih baik dengan baja ATS-34/154CM, maka gua akan pilih yang terakhir. Ini kan kurang lebih sama dengan dunia senter. Siapa lagi yang mau beli senter dengan LED tipe Luxeon I? Paling nggak kan pake Rebel 100.

Dunia metalurgi makin maju dengan teknologi yang sanggup menggabungkan carbon yang tinggi sekaligus chromium yang cukup banyak ditambah vanadium. Tinggal nanti sejarah yang membuktikan apakah high alloy steel seperi ini akan bertahan berhadapan dengan eksistensi baja2 sederhana yang sudah terbukti selama puluhan tahun atau ratusan tahun. Kalau gua tertarik sama pisau setelah gua lihat keindahannya, spesifikasinya, gua pasti akan melihat jenis bajanya sebagai pertimbangan terakhir. Artinya, meskipun bagus, spesifikasinya pas, harganya oke, tapi bajanya nggak tepat, maka gua akan lewatin dan berharap ada pisau lain yang kurang lebih sama tapi dengan baja yang lebih baik.


4 Responses to “apa bajanya?”


  1. 1 falah
    August 7, 2010 at 2:07 PM

    thank you for sharing this..u just save me from buying an over-priced 440A blade.

  2. 2 Kuliarang
    March 23, 2010 at 7:53 PM

    Bicara estetika sebuah bilah kadang dibuat sangat berlebihan… karena benda itu sangat dekat dengan dalam keseharian umat manusia… dimana mencintai keindahan adalah sifat dasar manusia.. memang tidak ada salahnya bilah2 yang kita sayangi ditaburi berlian dan batu ruby.. tapi kalo bagi gw paracord atau stag handle tetap yang akan gw pilih kala bilah dengan baja yang pas terasa nyaman dan bisa bekerja dengan baik untuk mempermudah pekerjaan2 kita.. gak perlu was2 akan kehilangan sebutir berliannya atau gadinggajahnya menjadi retak besar.. he..he

  3. 3 Naturalist
    March 23, 2010 at 6:50 PM

    Kalo dibaca2 ada jg yg sengaja menggunakan bilah dari misalnya perak.
    Terutama folding knife yg double blades, satu menggunakan blade dari baja karbon satunya menggunakan blade dari perak… alasan menggunakan perak karena utk memotong buah yg asam, dll
    Tetapi memang kalo pake emas, sudah berlebihan dan jelas2 nggak mengedepankan fungsi


Leave a Reply

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


