29
Mar
10

ketersediaan baja


Judul ini pernah gua buka sebagai thread di forum pisau kaskus.

Intinya adalah pembuatan pisau di Indonesia belum didukung oleh ketersediaan bahan baku utama yaitu baja yang menopang tumbuh kembangnya industri kecil ini. Penggunaan baja untuk pembuatan pisau masih jadi bahan tanda tanya buat para supplier baja. Mereka kira kalau kita mau bikin pisau hanya perlu per bekas mobil atau truk.

Itu sebabnya mereka juga sangat terbatas dalam menyediakan baja yang cocok untuk pembuatan pisau di samping keterbatasan pengetahuan mereka sendiri soal baja apa yang cocok untuk dijadikan pisau. Baja2 yang tersedia di Indonesia atau Jakarta khususnya adalah baja2 yang diperlukan oleh dunia industri besar di mana pembuatan perkakas dengan menggunakan baja setebal 10mm adalah hal yang lumrah. Gua belum pernah ketemu baja precision ground di sini, di mana baja tersedia dalam ketebalan yang mendekati keperluan pembuatan pisau.

Baja2 yang tersedia di sini juga biasanya ada dalam kategori machinery steel, cold work steel, atau stainless steel untuk keperluan moulding parts. Baja2 yang akrab dengan dunia pembuatan pisau dan kebetulan tersedia di sini biasanya adalah D-2, A-2, O-1/ O-2, dan 1045. Dua yang pertama adalah air hardening steel artinya baja yang mengeras dengan menggunakan udara. D-2 dan A-2 membutuhkan pengaturan suhu yang akurat selama proses heat treatment. Untuk memroses baja2 tersebut dibutuhkan alat yang dinamakan heat treating oven yang bisa mencapai suhu ribuan derajat celcius.

Sementara O-1/O-2 adalah jenis cold work tool steel yang menggunakan oli/minyak dalam proses hardeningnya. Suhu yang dibutuhkan oleh O-1 atau O-2 untuk mencapai tahap siap dikeraskan tidaklah setinggi baja air hardening. Itulah sebabnya baja ini sangat cocok untuk dikerjakan dengan peralatan yang sederhana tanpa heat treating oven. Dan baja ini memungkinkan kita untuk melakukan pengulangan jika saja kita bikin salah saat heat treatment.

Baja yang terakhir yang banyak ditemukan di sini adalah 1045. Masuk kelas machinery steel. Baja kelas 10xx ini sering disebut simple steel saking campuran kimianya sangat sederhana. Baja2 di kelas ini adalah baja yang sangat ideal untuk dibuat pisau berkualitas. Sayangnya yang tersedia di sini mayoritas adalah 1045 yang notabene kandungan karbonnya di bawah 0,50%. Sementara baja yang pas untuk dibuat pisau adalah baja yang mengandung minimum 0,50% karbon.

Jadi bagaimana? Apakah kita akan menangisi kondisi ini atau kita akan mulai dengan apa yang terbaik dari apa yang tersedia. Gua pilih kita push the envelop on what you got in your hand. Coba jalan2 ke berbagai artikel dan bahasan mengenai pisau custom, kita akan lihat betapa O-1 adalah salah satu baja pilihan banyak custom knifemaker kelas dunia.

Selamat mencoba.


0 Responses to “ketersediaan baja”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: