04
Apr
10

It’s only a knife


Sebagai benda yang gua kagumi dan gua sukai sejak kecil, gua sangat mencintai pisau. Tapi ada juga saat di mana gua menolak untuk diri gua “ditarik” terlalu jauh sebegitu sentimentalnya dengan sebuah pisau. Itu sebabnya gua jarang banget melibatkan emosi yang berlebihan begitu berhadapan dengan membahas mengenai pisau. Gak ada pisau yang bikin gua kagum banget. Kalau secara fisik pisaunya WAH banget, maka gua langsung berpikir bahwa pisau itu bukan untuk gua. Mungkin cocok buat orang lain.

Buat gua pisau harus tetap berada dalam ranah utility tools. Begitu pisau berharga di atas $3000, dan dibuat dari material2 eksotis, maka menurut gua dia adalah sebuah karya seni semata. Sama aja dengan sebuah lukisan yang hanya bisa dikagumi, sama aja dengan perhiasan yang mewah yang hanya bisa dipakai pada saat2 khusus, atau sama aja dengan sebuah jam tangan super mewah yang hanya untuk show off.

Gua pernah baca ada seseorang yang punya pisaunya Tony Bose dan mengasahnya di atas anak tangga marmer. Gila gak, sebuah pisau yang harganya sekitar $2500-an dia pakai dan tempat ngasahnya pun agak kurang layak. Tapi gua pikir orang ini paham banget apa yang dia lakukan, dan pastinya dia bukan seorang kolektor melainkan seorang user sejati.

Gua juga nggak mengagumi pisau dari produksi jaman kuno karena kebetulan gua bukan kolektor barang antik. Gua belajar sejarah sampe capek, tapi untuk pisau- tahun dan tempat bukan masalah buat gua. Gua nggak terpesona dengan pisau produksi tahun 1895 dan diproduksi di sebuah kota produsen pisau atau kota produsen baja tertentu. Gua nggak terpesona sama pisau yang sering dipake Hitler untuk membuka surat. Gua juga nggak ngiler lihat pedang asli buatan Jepang yang dipake memenggal kepala orang Indonesia.

Come on, it’s only a knife.

Kalau sebuah pisau terlalu mahal atau terlalu indah sampe gua takut untuk memakainya, berarti pisau itu bukan jodoh gua. Mungkin juga karena gua nggak punya uang. Tapi apa yang bikin gua bergairah soal pisau bukanlah keindahannya atau harganya yang selangit. Pisau selalu menarik perhatian gua kalau dia memiliki performa. Performa yang simple tapi sangat berat dituntut dari sebuah pisau. Kalau gua naksir pisau, maka gua bertanya dulu dalam hati: “Akankah pisau ini gua pakai?” Kalau jawabannya “nggak akan”,’ maka kemungkinan besar pisaunya gak akan jadi gua beli. Itu sebabnya gua juga nggak pernah ngiler lihat pisau2 orang lain yang super bagus dan super mahal di dalam etalase kaca mereka.

Sementara di sisi yang lain, pertanyaannya buat gua adalah, apakah lu jadi pribadi yang lebih baik dengan memiliki hobby sepositif mencintai pisau. Kalau hobby yang positif nggak bikin lu jadi manusia yang lebih baik, mending hobby ngumpulin istri aja. Pisau adalah salah satu manifestasi dari karakter seseorang, buat gua itu lebih menarik. Berapa banyak pisau yang lu punya? Berapa harga pisau lu yang paling mahal? Pisau apa aja yang lu punya? Gua nggak pusing.

It’s only a knife.


3 Responses to “It’s only a knife”


  1. 1 Naturalist
    April 7, 2010 at 6:55 PM

    Salut Bro bisa menjauhkan diri dari ikatan emosi dengan benda (dlm konteks ini pisau).
    Saya terkadang masih “terlibat” secara emosional.
    Tapi banyak yang merasa ketika pisau itu telah “membantu” melewati masa2 sulit di lapangan. Ikatan emosi tersebut secara naluriah terbangun.
    Walaupun hingga saat ini saya sendiri belum menemukan pisau (bersyukur atau menyesal?) yang bisa mengikat saya secara emosi.

    • April 7, 2010 at 9:37 PM

      Emosi yang gua maksud sebenarnya lebih ke arah “membela” karena suatu alasan tertentu Bro. Gua memerlakukan pisau dengan “dingin”.:)

      • 3 Naturalist
        April 8, 2010 at 3:29 PM

        Oh gitu maksudnya..
        Jadi tetep memiliki ikatan dengan pisau tertentu secara emosi ya Bro?


Leave a Reply

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


