12
Apr
10

don’t be cheap!


Sekarang ini blackberry ada yang harganya cuma 3 juta rupiah. Dan orang santai aja menggunakannya. Orang lain juga nggak kaget lihat barangnya atau tahu harganya. Handphone Nokia gua cuma satu juta harganya, dan gua juga enak2 aja memakainya. Nggak ada dari dua handphone ini yang masuk kategori hard use atau HP mahal. Tapi gua heran kenapa banyak orang yang mengaku hobby pisau terus pelit banget sama dirinya sendiri dengan mencari pisau yang harga 400 ribuan. Ironis nggak sih?

Terus yang lebih ironis lagi begitu pisau yang 400 ribunya udah di tangan masih sayang juga makenya. Ada benda2 yang harus disayang-sayang semisal perhiasan atau jam tangan mahal. Tapi selama pisau elu nggak termasuk art knives atau the high dollar fantasy knives (ada juga junk fantasy knives seperti yang dibuat united cutlery), maka pisau lu nggak harus disayang-sayang dan jadi hiburan semata. Memang nggak berarti semua pisau yang ada dalam lemari koleksi lu harus dipakai semua. Tapi yang jadi perhatian gua adalah: Jangan pelit donk sama diri sendiri.

Giliran beli sepatu atau jam tangan kita males beli yang harganya di bawah satu juta, tapi giliran mau beli pisau kita cari yang semurah mungkin. Seperti gua tulis sebelumnya di salah satu artikel gua, tahun ini gua udah over budget untuk beli pisau. Gua mungkin gak akan beli pisau lagi dalam waktu dekat. Tapi gua sangat puas karena tahun ini gua udah beli pisau2 terbaik menurut gua. Dan malah gua pikir tahun ini gua kelewat memanjakan selera pisau gua, jadi nggak ada salahnya selama depalan bulan ke depan gua puasa dulu untuk menahan nafsu dari kejamnya hobby pisau ini.

Di sisi lain gua juga nggak mau terjebak dalam sindrom: pisau gua lebih mahal dari pisau elu. Bahaya juga kalau kita sampai terjebak dalam sindrom seperti itu. Karena biasanya pisau bagus memang mahal, tapi pisau mahal sangat belum tentu pisau bagus. Di kaskus gua sering lihat orang yang nggak tahu pisau jual pisau dengan harga yang nggak layak mahalnya, tapi ada orang yang lebih nggak tahu pisau membeli pisau tersebut. Hebat kan?

Berikanlah diri lu lu sesuatu yang layak. Layak nggak berarti harus mahal, tapi juga jangan pelit sama diri sendiri. Analogi gua soal handphone, sepatu, dan jam tangan di atas semoga bisa jadi pertimbangan saat elu memutuskan untuk membeli pisau baru.


4 Responses to “don’t be cheap!”


  1. 1 ali
    June 1, 2010 at 6:34 AM

    Mantep juga gw ngikutin tulisan para master.

    yang gw yakin walau kegemaran kita dengan barang yang di sebut Pisau sama. tapi point nya pasti beda. gw gak terlalu mikir masalah harga. yang jelas pisau yang gw beli harus bermanfaat, walau isi kantong kadang pengaruh juga.

    Tapi seiring berjalannya waktu. gw ikutin forum pisau, pandangan tentang pisau berubah. kalo dulu gw lebih cendrung untuk beli pisau bagus yang sebanding dengan harganya. sekarang gw lebih condrong ingin membuat yang bagus dengan harga yang seminimal mungkin. mungkin pengetahuan gw tentang baja sangat kurang.

    walau bagi sebagian orang pisau adalah barang yang di sayang-sayang dan di elus2 hanya di gunakan untuk motong kertas, tidak bagi gw. bagi gua pisau adalah tools yang di gunakan untuk mempermudah pekerjaan.

  2. 2 Kuliarang
    May 14, 2010 at 5:55 PM

    ” BELILAH PISAU YANG KITA INGINKAN SEBELUM MEMBELI PISAU ITU DILARANG ” ( Dilarang kantong maksudnya )

    Tapi.. membeli saja tanpa merasakan nikmatnya memakai pisau yang handal.. kayaknya gak adil juga.. berapapun harga pisau itu..

    Gw punya golok ciwidey harganya cuma 140rebu.. tapi handalnya bukan main dan gw juga punya pisau lipat jaman dulu.. yg gak tau harganya.. juga sangat handal… memang senang rasanya bersahabat dengan benda tajam kalo mereka dapat bekerja sesuai harapan kita…

    Bagi gw bukan masalah pelit terhadap pisau2 kita untuk dipakai.. tapi yang jelas masih banyak yang tidak adil menilai seberapa bergunakah dan handal benda itu untuk kita pakai serta sesuaikah peruntukannya ?? sory brother.. gw cukup sedih kalo untuk pisau dapur saja yang jelas2 dipakai sehari2.. orang memakai pisau harga 10rebuan dengan bonus serbet yang akan dipake motong2 makanan untuk tubuh kita.. uch ironi sekali….

    Memang pada dasarnya pisau gak perlu mahal tapi pisau sangat identik dengan harga….karena harga berbicara masalah kualitas…Kalo memang kita punya skinner yg bagus dengan bandrol diatas 2jt.. kenapa harus sayang2 dipake waktu hari raya qurban ? toh.. memang peruntukannya..dan gw jamin nilai 2jt itu gsk akan ada artinya melihat skinner itu begitu lincah dan tajam bekerja sesuai harapan kita,…… tapi kalo skiner itu dipake congkel sample batubara ya itu konyol.. bukan pelit lagi..

    By the way.. benda ini diciptakan manusia untuk membuat hidup lebih hidup.. jadi belilah pisau2 yg lu2 mau..berapapun harganya… dan pakailah, tapi memang bener statement bro uwak dalam hal ini ” strategi yg harus dimainkan ” … kalo ngak ada kemungkinan untuk dipake.. ya ngak usah beli aja… atau beli simpan dilemari kaca.. ( yang ketiga ini adalah awal dari menyebarnya racun dasyat ditubuh kita.. jadi gw gak begitu nyaranin karena gw jamin kalo anggaran kita masih cukup dalam waktu 1×30 hari.. lu2 pada akan terjankit virus “Pisau”)…

    Buy its or forget its

  3. 3 Naturalist
    April 15, 2010 at 8:53 AM

    Wak, kita kan punya pisau buat mejeng doang… MADE INnya yang penting..
    Wakakakakakakakakaa..
    Just pull your legs Bro

  4. April 14, 2010 at 11:48 PM

    Haha, merasa tersentil dengan tulisan ini.
    Nice point of view Om🙂


Leave a Reply

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


