05
May
10

Nikmatilah Dunia Pisau


Gua pernah bahas soal ini tapi gua angkat lagi karena gua pengen lebih banyak orang bisa menikmati dunia hobby pisau beserta teteknya….. maksudnya tetek-bengeknya:).

Beberapa waktu lalu ada yang tanya di forum pisau kaskus, apa di Indonesia bisa ditemui majalah atau buku tentang pisau. Infonya dengan cepat tersebar. Dan sekarang makin susah aja cari majalah pisau di toko buku. Dua tahun lalu gua pernah minta sebuah toko buku besar di Plaza Senayan untuk mendatangkan majalah Blade. Dan selama sekitar setahun majalah itu muncul di sana. Sayangnya saat ini udah nggak lagi. Yang sering ditemui tinggal Tactical Knives atau Knives Illustrated. Ini salah satu bukti, bahwa makin banyak orang bisa menikmati hobby pisau dengan berbagai cara, salah satunya adalah membeli dan membaca majalah pisau.

Jadi kalaupun kita belum punya kesempatan untuk menambah koleksi pisau secara berkala, tapi paling tidak pengetahuan kita bisa bertambah, dan selera kita pun bisa diasah secara berkala. Dan harus diakui cara belajar seperti ini adalah cara yang sangat positif dan sangat bermanfaat. Salah satu dosen gua dulu yang bernama Ong Hok Ham pernah menegur asistennya dengan bilang begini: “Kalau kamu mau pinter caranya cuma dengan membaca, membaca, dan membaca.” Luar biasa!

Gua nggak yakin bahwa kalau kita ingin menikmati pisau, maka kita harus beli pisau paling sedikit satu buah dalam satu bulan. Uang akan jadi kendala besar bagi mereka yang berdompet tipis, dan di seberang sana sama sekali bukan masalah bagi yang dompetnya tebal. Tapi berdiskusi tentang pisau juga adalah hal yang sangat menarik dan menggairahkan. Paling nggak buat gua pribadi. Coba lihat di kaskus, ada berapa banyak temen2 yang menjadi original poster nggak pernah ikutan berdiskusi lagi padahal thread yang dia mulai sudah mencapai puluhan atau malah ratusan halaman. Ke mana mereka? Apa yang sedang mereka nikmati soal pisau? Membaca majalah/buku pisau? Membaca artikel2 pisau online? Membeli pisau? Menjual pisau? Membuat pisau? Atau nggak ngapa-ngapain tapi merasa diri cinta pisau?

Ada yang belum tuntas dalam tulisan gua ini, tapi gua sendiri harus bisa mencerna pikiran gua dalam beberapa hari ke depan. Hari ini cukup segini dulu lah.


4 Responses to “Nikmatilah Dunia Pisau”


  1. 1 calvin
    October 5, 2010 at 7:23 PM

    Wah tulisan / ulasannya bagus … saya baru tahu kalau ada situs seperti ini …
    Mudah-2an bisa jadi tempat untuk berbagi yang bermanfaat tentunya … betul juga sih kalau namanya baju bersih rela untuk dijadikan kain lap bersihkan pisau … hobby adalah segalanya

  2. 2 ali
    May 26, 2010 at 2:29 PM

    Pendapat pribadi gua sih. walau hobby sama, belum tentu kecendrungan tentang hobbu sama pula. maksudnya, walau sama-sama hobby pisau, belum tentu cara menikmati hobbynya sama. ada yang puas hanya dengan membeli pisau setiap bulan. ada yang dominan minat ke merek, model tertenu ada yang sekedar koleksi ada juga yang menganggap pisau barang paling berguna dan serba guna hingga setiap hari menggunakannya.

    Apapu kecendrungannya, gw bersyukur ternyata banyak juga komunitas pencinta pisau. dari dulu gw hobby belum nemu temen sekolah atau temen deket gw yang hobby pisau.gw sendiri sangan menikmati bila pisau gw, gw bawa ke hutan dan di pergunakan semestinga ( fixed blade). tapi kalo untuk EDC gw menggunakan folding blade. sebenernya gw kurang suka folder dibanding dengan fixed (alasan pribadi)

  3. 3 Kuliarang
    May 14, 2010 at 8:21 PM

    Ngomong2 masalah menikmati pisau dan tetek… gw paling hoby… mau dong…, btw banyak 1001 cara meninkmati hoby dengan tidak mengesampingkan tujuan dan prioritas hidup kita yang utama..karena hoby bukan segalanya dalam hidup ini..

    Berbicara masalah hoby/kegemaran kayaknya gak akan ada habisnya.. daripada habis folder hoby akan habislah umur kita..dan ketika hoby mulai membebani kita.. kayaknya akan lebih bijaksana kalo kita mengatur strategi lagi.. ingat.. hoby just for fun not for live..

    Kalo hoby olahraga sangatlah mudah menyalurkannya.. tapi kalo hoby pisau itulah yang membuat lain dari yang lain.. yang membuat tidur gak nyenyak, makan gak enak.. dan selalu terbayang indah & ultimatenya bilah impian itu… bahkan tak jarang pakaian yg kita kenakan rela untuk mengelap bilah kesayangan…

    Menikmati pisau gak harus selalu mahal dan indent,.. contohnya golok yang sdh go international.. dengan anggaran < 500K kita sdh bisa menikmatinya sekaligus gak sungkan2 makenya…tapi kl memang bisa ya lbh baik diselingi pisau2 dari luar sana.. wlw hrs merogoh kocek agak dalam…sebagai materi perbandingan.. dan menambah wawasan..

    Bagi gw skrg.. masih enjoy belajar tentang pisau2 mungil yang selama ini gak pernah gw suka.. dengan sesekali membeli yang murah2 saja yg penting bisa usefull dulu…( gw sendiri bingung knp jd bgni ya wak ? apakah itu tandanya kita sdh benar2 mulai berumur..? jangan dong wak.. lu aja yg tua.. gw jangan..hehehe )

    Kembali ke masalah tetek tadi.. nikmatilah pisau yang ada dan kita punya dulu..sambil belajar atur rencana untuk menambahnya lagi…dan alokasikan budget tambahan untuk post " Biaya Kenakalan "

    Yakinlah untuk sebuah hoby kadangkala Management sangat diperlukan..

  4. 4 Dadan
    May 8, 2010 at 11:21 PM

    Memang untuk seseorang yang pernah di tempa dengan berbagai ilmu, tulisannya pasti OK, lanjut terus,………..


Leave a Reply

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


