17
May
10

Konsolidasi Koleksi


Gua baru sadar kalau udah lebih dari seminggu gua nggak nulis di sini. OK gua pengen bahas yang satu ini.

Dua tahun belakangan ini gua sedang berusaha untuk melakukan kondolidasi terhadap koleksi pisau gua yang sudah sedikit ini. Ada tiga elemen penting yang jadi bahan pertimbangan gua: kebutuhan, kualitas dan kemampuan. Yang gua maksud dengan konsolidasi adalah gua belajar mencukupkan diri gua dengan membatasi jumlah pisau yang gua koleksi. Kuantitas nggak lagi jadi tolok ukur dan digantikan oleh kualitas terjangkau.

Ada beberapa segmen yang gua rasa harus gua isi dengan pisau2 yang menjawab kebutuhan dan tetap memerhatikan kualitas yang terjangkau. Steel in-steel out. Kalau ada yang mau gua beli yang lama harus ada yang gua lepas. Jumlahnya relatif nggak bertambah, tapi gua berharap kualitasnya bisa jadi lebih baik. Gua punya keterbatasan perhatian, sehingga menambah kuantitas koleksi justru membuat banyak pisau yang terbengkalai dan tidak terperhatikan, belum lagi perawatannya.

Gua rasa yang harus diisi kebutuhannya adalah EDC, kebutuhan untuk aktivitas outdoor, home defense, dan, kondisi darurat. Nggak banyak kan. EDC adalah pisau yang gua bawa untuk kebutuhan sehari-hari saat keluar rumah. Biasanya pilihan jatuh pada slipjoint atau Opinel. Gua jarang camping atau jalan2 ke tempat berlibur semisal gunung, meskipun gua suka banget. Untuk keperluan ini gua lebih suka bawa pisau model utility dengan baja karbon buatan knifemaker yang gua suka alias custom. Home defense gua ada satu pisau kecil dengan coating hitam (selalu ada di kamar), dan satu lagi Tramontina yang ukuran sedang. Terakhir adalah pisau yang paling jarang diharapkan gua perlukan yaitu saat the shit hitting the fan (SHTF), ini istilah yang menggambarkan kekacauan yang tidak diduga dan tidak diharapkan tapi bisa juga terjadi. Untuk yang terakhir ini gua pilih chisel ground tanto dengan panjang keseluruhan sedikit di atas 11″.

Dengan pertimbangan seperti ini praktis nggak ada kebutuhan gua yang nggak tercukupi dengan koleksi yang ada. Kalau ada yang gua lepas, maka penggantinya harus lebih berkualitas dan lebih menjawab kebutuhan dari yang sebelumnya. Gua bisa lebih konsentrasi merawat pisau2 gua dan nggak perlu terintimidasi untuk terus menambah koleksi gua secara kuantitas.

Kalau dipikir-pikir uang bukanlah persoalannya (bukan berarti kebanyakan uang lho) tapi lebih kepada penyederhanaan koleksi dan fokus pada kebutuhan serta kualitas yang terjagkau aja.


1 Response to “Konsolidasi Koleksi”


  1. 1 Kuliarang
    May 18, 2010 at 8:25 PM

    Menyenangkan sekali mendengar sahabat yang sdh hidup settle.. gak nomaden ky diri ini..,memang tugas adalah perbedaannya… by the way hidup teratur dan berdomisili tetap membuat kita lebih pandai merencanakan bilah2 kesayangan untuk menjadi bagian dalam hidup…sungguh menyenagkan sekali…

    Yang pasti suatu saat nanti gw sangat pengen seperti sahabat ini…,btw.. thanks god for everything !! walau 20hari ada dirimba.. yg 10hari tetap bisa kumpul anak2…

    Saat ini hanya ada 2 jenis bilah yg harus gw siapkan, yesss untuk EDC gw ke kota dan EDC gw kelapangan.. karena kayaknya agak kurang PD kalo berususan dengan orang pemerintahan pake bawa2 fixedblade.. jadi beberapa almar tetap jadi pilihan walau sesekali fallkniven folding ikut menyertai.. dan pisau lipat mungil lainnya yang bergantian menemani..

    Urusan kelapangan tetap dipercayakan sama golok ciwidey yang gak boleh tinggal dengan didampingi LM/byrdrench spy..

    Satu kelemahan hidup dibasecamp.. harus banyak mainan yang menyenangkan untuk menghilangkan jenuh dan rasa rindu didada.. makanya urusan belanja pisau2 baru belum dpt dihold..karena sampai saat ini masih inilah kegiatan positif yg gw suka.. walau gw sendiri sdh merasa repot kalo balik cuti untuk ngurusi tanto2 gw dibandung..

    Mungkin stratedgi uwak boleh ditiru juga untuk mulai mulai belajar tentang kualitas.. ya Quality of course… ah semoga saja bisa…


Leave a Reply

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


