24
May
10

Merawat Pisau


Banyak orang hanya senang membeli dan menikmati pisau, tapi tidak menyediakan waktu untuk merawat pisau. Sama dengan perkakas atau peralatan lainnya, mereka akan sanggup melayani kita sampai bertahun-tahun kemudian jika dirawat dengan baik dan secara berkala. Sebuah alat yang tidak terawat akan cepat rusak dan tidak dalam keadaan siap untk dipakai saat diperlukan.

Demikian juga dengan pisau. Kadang kita lupa, bahwa pisau harus dirawat dan diperhatikan jika kita ingin kondisinya dalam kadaan baik dan siap menjalankan tugasnya. Perawatan yang sederhana biasanya dimulai dengan membersihkan pisau setelah dipakai atau jika ingin disimpan dalam waktu yang panjang. Iklim Indonesia yang sangat lembab merupakan musuh yang berbahaya bagi pisau. Ancaman yang paling nyata dan paling umum terjadi adalah karat. Baja biasanya mengalami dua macam karat yaitu karat yang muncul pada permukaan baja dan karat yang muncul menggerogoti ke dalam baja itu sendiri (pitting corrosion). Jenis karat yang pertama sangat mudah dihadapi dan sifatnya tidak dalam sehingga sering disebut sebagai surface rust. Rata2 cara yang sederhana mulai seperti menggunakan cairan anti karat, penghapus pinsil, menggunakan steel wool yang halus disertai minyak biasanya sudah cukup untuk menghapus karat jenis ini.

Namun jenis karat yang kedua sifatnya sangatlah destruktif. Kadang jenis baja juga yang menentukan karat tipe kedua ini. Jadi ada baja2 tertentu yang saat mengalami karat cenderung berbentuk pada pitting corrosion. Tapi apapun sifat karatnya, maka perawatan adalah pencegahan yang paling efektif. Kebanyakan dari kita mulai panik saat karat sudah memasuki tahap yang paling kritis dan baru mulai mencari solusinya. Padahal jika kita merawat pisau dengan baik secara berkala, maka keluhan karat yang berbahaya bisa diatasi dari awal.

Dan bukan hanya pisaunya saja yang perlu diperhatikan, sarung pisau juga harus mendapatkan porsi perawatan seperlunya. Sarung pisau yang baik bisa jadi komplimen yang sangat penting terhadap pisaunya sendiri.

Mungkin nantinya gua akan tulis beberapa tips untuk merawat pisau. Sekarang ini cukup perhatiannya dulu aja.


0 Responses to “Merawat Pisau”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: