03
Jun
10

Review or Comparison or…?


Pisau adalah hal yang sangat personal. Buat gua sama personalnya dengan handphone buat orang lain.

Gua pribadi memerhatikan pisau yang gua suka atau yang gua putuskan untuk gua beli sangat subyektif sifatnya. Apa yang menurut gua bagus dan indah sangat belum tentu di mata orang lain. Bahkan yang sifatnya terukur pun belum tentu jadi obyektif. Panjang handle 3,5″ bisa jadi bukan hal yang pas buat sesorang yang punya ukuran telapak tangan sangat besar. Tapi di sisi lain pisau dengan handle sedikit di bawah 3″ sudah cukup nyaman untuk dipegang. Orang lain cukup puas dan cukup dengan tebal blade hanya 3mm. Tapi ada orang yang belum yakin kalau pisaunya belum setebal minimal 5mm.

Ada hal2yang mudah dijelaskan dengan angka2 atau tabel, tapi ada pula hal2 yang sangat sulit untuk dijelaskan secara ilmiah sekali pun untuk mengukur sebuah pisau. Itu sebabnya tinjauan mengenai sebuah pisau bisa menghasilkan output yang beragam meskipun benda yang ditinjau adalah benda yang identik.

Mereka yang ingin membandingkan beberapa produk sekaligus harus mampu melakukan perbandingan yang setimpal. Kita tidak akan membandingkan daya lentur sebuah pisau lipat dengan fix blade. Kita tidak akan membandingkan wear resistance Spyderco Gailey Bradley dengan baja M4 dengan Buck 110 dengan baja 420HC. Kita tidak akan membandingkan apakah slipjoint akan lebih aman dibandingkan frame lock, dst. Kita tidak akan membandingkan jeruk dengan apel.

Gua pribadi nggak terlalu tertarik dengan perbandingan2 seperti yang tadi gua tulis di atas. Jika ingin membandingkan performa antar berbagai pisau harus ada tolok ukur yang baku dan jelas. Cobalah lihat bagaimana peraturan tentang sebuah pisau yang diizinkan untuk dilombakan bagi sebuah cutting competition di Amerika. Ada aturan baku yang ketat tentang ukuran fisik yang harus diikuti semua peserta, namun material dan desain yang akan dipilih dibiarkan bebas sesuai interpretasi peserta terhadap pisau yang tepat untuk sebuah cutting competition.

Tapi di lain kesempatan gua tertarik untuk mengetahui apakah sebuah jenis baja tertentu yang digunakan untuk pisau tertentu sudah maksimal, atau sudah cukup baik atau belum. Dan untuk hal ini aturannya cukup sederhana, cari aja pisau yang dibuat dengan baja yang sama atau yang berada di kelas yang kurang lebih sama. Pengujian seperti ini nggak perlu memasuki tahap tes destruktif. Cukuplah kalau kita bisa mnegukur seberapa baikkah wear resistance baja tersebut setelah pisaunya jadi.

Gua iseng bikin pisau sendiri dari O-1 dan juga melakukan heat treatment-nya sendiri. Pisau itu bisa memotong tambang lebih dari dua ratus kali. Itu pun terhenti karena kehabisan tambang. Apakah itu sudah hasil yang terbaik? Gak tahu juga, jangan2 ada pisau O-1 lain yang bisa sampai memotong 500 kali. Tapi tujuannya bukanlah membandingkan antar pisaunya, melainkan ingin mengetahui kualitas pekerjaan kita sendiri. Dari situ kita bisa mendorong diri kita sendiri untuk maju. Nggak ada orang yang bisa maju kalau kita nggak bisa jadi orang bodoh dulu dan mau belajar.

Gua menghargai sikap seseorang -siapa pun itu- yang mau mendorong dirinya sendiri untuk mencapai kemajuan yang lebih baik. Dan gua pikir masa depan dunia pisau ada di tangan orang2 seperti itu.


0 Responses to “Review or Comparison or…?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2010
M T W T F S S
« May   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: