06
Jun
10

fix blade for EDC


Gua pikir mayoritas penggemar pisau di Indonesia adalah penduduk perkotaan atau paling tidak kawasan pinggir kota di mana membawa fix blade yang terlihat masih merupakan pemandangan yang sangat gak masuk akal. Kalau kita tinggal di pedesaan atau di kawasan hutan, maka membawa parang besar atau pisau di pinggang adalah pemandangan yang lumrah. Bahkan ibu2 di pedesaan biasa membawa golok atau mandau di pinggang mereka untuk keperluan berkebun atau malah last ditch wepon.

Tapi gua pikir gak ada juga salahnya membawa fix blade sebagai EDC selama pisaunya sendiri ada dalam kaidah2 yang mudah dimengerti. Kaidah yang gua maksud adalah ukuran blade yang relatif kecil (panjang bilah di bawah 3″/<76mm), dibawa dalam sarung berposisi horizontal atau vertikal tapi cukup low profile (di balik panjangnya kaos atau kemeja), format blade yang tidak intimidatif, bahasa tubuh sang pembawa yang juga low profile, dst.

Ada beberapa alasan kenapa fix blade tetap menarik untuk dijadikan EDC meskipun kita tinggal di daerah perkotaan, di antaranya adalah kemudahan dalam mengeluarkannya, kemudahan dalam merawat, kekuatan secara desain dari fix blade dibanding folder, dan dalam banyak kesempatan harganya lebih murah dari pisau lipat, dan seterusnya.

Dan sebelum lebih jauh lagi gua pegen menekankan bahwa membawa pisau sebagai EDC lebih tepat berada pada ranah untuk keperluan utility dibanding untuk keperluan tactical (yang sangat jarang) atau malah untuk keperluan self defense (yang jauh lebih jarang lagi). Sehingga fungsi dari pisau itu sendiri ada di urutan teratas ketimbang tampilan fisiknya ataupun dari segi material yang digunakan. Jadi membawa fix blade untuk EDC dengan penampilan baja damaskus dan handle crown stag sangatlah kurang pas. Atau membawa pisau dengan format hook blade serta handle japanese cord wrap style juga kurang pas.

Beberapa knifemaker menyadari selera banyak orang untuk tetap membawa fix blade utility sebagai EDC dengan mengajukan desain2 manis menggunakan baja stainless atau semi-stainless semisal D-2 dengan handle terbuat dari exotic wood, bone, G-10, micarta, atau handle material lainnya dengan panjang blade yang hanya dalam rentang 1,5"-3".

Jadi selama kita cukup bijak dan punya selera yang bagus, maka ada banyak fix blade di luar sana yang sangat pas untuk dijadikan EDC di kawasan perkotaan. Lagi2 bahasan ini hanya ditujukan buat orang2 yang menganggap perlunya membawa pisau sebagai tools dalam aktivitas kehidupan sehari-hari di manapun kita tinggal.


4 Responses to “fix blade for EDC”


  1. 1 pisau2000
    October 18, 2010 at 10:15 AM

    kalo opinel berarti balik lagi ke folding dong wak🙂

    • October 18, 2010 at 10:27 AM

      Memang untuk EDC masih paling enal folding knife atau slipjoint. Gua sendiri sekarang rada males bawa modern folder selain opinel dan slipjoint. Kalau masih minat dengan fix blade coba aja izula karena kalo gak salah dia bisa juga kok dibawa di pinggang atau saking tipisnya ditaruh bareng2 sama dompet di kantong belakang.

  2. 3 pisau2000
    October 18, 2010 at 9:40 AM

    saya juga lagi mikir punya fix untuk dirotasi dengan multi tool gerber. lagi menimbang-nimbang neck knife kecil (blade 2.5″), ukuran yang termasuk low profile rasanya.
    pertimbangannya, OA lenght 5-6″ walopun sebenernya cukup kecil tapi tetep agak kurang comfy kalo dikantongin. so pilihannya antara di attach di pinggang atau dijadikan neck knife. saya sih ngeliatnya neck knife lebih terkesan ngga sangar (cenderung lucu-lucuan) dibanding di pinggang, jadi ngga terkesan intimidatif. tapi ada temen yang berpendapat dengan neck knife justru terkesan show of force.
    mohon pendapatnya wak…

    • October 18, 2010 at 9:57 AM

      Show of force atau nggak kadang tergantung cara kita mengambil dan mengeluarkan pisau kita. Neck knife cukup enak dibawa-bawa dan gak terlalu mengganggu gerakan tubuh. Tapi banyak orang juga nggak biasa dengan penampatan pisau di sana jadi waktu kita keluarin pasti banyak yang bakal kaget. ESEE Izula adalah salah satu neck knife yang sedang hot. VRKT juga ada beberapa neck knife. Untuk EDC yang gak terlalu intimidatif gua usul opinel yang No. 5 atau No. 6. Selamat mencoba bro.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2010
M T W T F S S
« May   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: