08
Jun
10

Phil Hartsfield telah pergi!


Gua terlambat tahu bahwa Phil Hartsfield sudah meninggal dunia pada tanggal 20 Mei 2010 lalu. Gua baca artikel tentang dia pertama kali di majalah Blade terbitan sekitar tahun 1980-an. Gua juga lihat gambar pedang katana yang dia buat menggunakan baja A-2 di majalah itu. Sejak saat itu gua selalu memerhatikan karya2 dia lewat internet di awal tahun 2000-an.

Gua nggak pernah sanggup untuk memiliki karya buatan Phil karena harganya yang selangit dan juga karena waktu tunggunya yang sekitar 2 tahunan. Phil walau dikenal dengan pisau2 atau pedang dengan sentuhan Jepang tapi tak kurang juga menghasilkan berbagai pattern pisau yang non-Jepang tanpa kehilangan sentuhan khas Phil Hartsfield.

Phil secara eksklusif menggunakan baja A-2 dengan hasil yang luar biasa. Gua sering baca bagaimana orang menggunakan pisau mereka yang dibuat oleh Phil Hartsfield. Phil juga senang menghibur orang yang berkunjung ke bengkelnya dengan melakukan demonstrasi tentang tajamnya pisau2 single bevel buatannya. Dia juga merupakan salah satu orang yang layak dijadikan contoh bagaimana seorang pembuat pedang mengeksplorasi baja yang digelutinya bertahun-tahun sampai kepada batas maksimalnya. Phil memiliki resep rahasia heat treatment A-2 yang hanya diketahui oleh Phil dan anak laki2nya. Dengan penguasaannya atas A-2 Phil praktis merasa tidak perlu bergeser ke jenis baja lain. Kita bisa bilang ini adalah comfort zone-nya dia, sebagaimana Ed Fowler nyaman dengan 52-100-nya, atau Don Hanson dengan W-2-nya.

Phil Hartsfield adalah salah satu contoh bagaimana passion yang luar biasa terhadap jenis desain pisau tertentu dengan baja tertentu menjadikan seseorang besar. Kekosongan Phil mungkin akan diisi oleh putranya atau malah mungkin akan diisi oleh Pohan Leu, tetapi sejarah masih akan membuktikan apakah kedua orang ini mempunyai passion yang luar biasa sebesar Phil Hartsfield sendiri.

Orang yang merasa kehilangan Phil mengagumi dua hal dari dirinya, karya2nya yang besar serta kepribadiannya yang berkarakter kuat. Konon kalau kita ada dalam situasi hidup dan mati, pisau2 Phil Hartsfield sangat bisa diandalkan.

Phil Hartsfield layak dihormati dan orang yang mengenalnya layak merasa kehilangan dirinya

Phil Hartsfield, the swordmaker, has left the building. May he rest in peace.


0 Responses to “Phil Hartsfield telah pergi!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2010
M T W T F S S
« May   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: