30
Jul
10

Pisau Militer


Tertarik juga untuk ikutan bahas mengenai pisau militer yang banyak dibicarakan di kaskus. Terus terang selama ini nggak terlalu minat dengan pisau yang secara khusus digunakan oleh pihak militer. Tapi sekedar memerluas wawasan apa salahnya juga.

Banyak orang yang suka dengan pisau militer berangkat dari satu asumsi yang salah, bahwa militer pasti banyak tahu tentang pisau karena itu adalah salah satu perlengkapan standar mereka. Secara mendasar bagi seorang tentara, pisau pertama-tama adalah alat dan kedua di saat terpaksa bisa juga menjadi senjata. Dan sama halnya dengan senjata api yang mereka miliki atau bawa saat bertempur adalah seperangkat peralatan yang memang secara resmi dikeluarkan oleh kesatuan masing-masing. Artinya tidak ada preferensi pribadi di sana.

Bahkan di negara besar seperti AS pun, pisau standar militer praktis belum mengalami perubahan sejak Perang Dunia II. Ini salah satunya disebabkan oleh dasar pemikiran bahwa pisau praktis tidak terlalu banyak menuntut perkembangan yang berarti dibanding senapan serbu atau peralatan lain semisal NVD, radio komunikasi, illumination tools, dll.

Di lain sisi berasumsi bahwa seorang tentara pasti mengetahui soal pisau juga adalah asumsi yang naif. Gak semua pengguna komputer adalah computer geek, atau gak semua pengemudi mobil adalah orang yang “gila” mobil. Sebagian besar dari mereka menganggap itu hanyalah alat atau perkakas yang diperlukan dalam memerlancar tugas2 mereka. Dan jangan lupa pisau yang bagus juga relatif masih mahal buat upah seorang tentara bahkan di negara maju sekali pun.

Banyak anggota militer lebih memilih kombinasi sebuah multitools ditambah dengan pisau yang dikeluarkan resmi oleh kesatuan mereka. Dan mereka gak terlalu peduli dengan kualitas yang mereka dapat dari pisau tersebut karena kalau rusak pun akan sangat mudah diberi gantinya dari gudang perbekalan. Dalam pasukan elit tertentu di mana kadang gengsi operatornya lebih besar, mereka rela aja merogoh uang dari kocek sendiri untuk membeli pisau2 yang mereka anggap bagus sesuai dengan kemampuan mereka.

Secara umum pisau2 yang dikeluarkan secara resmi oleh kesatuan2 militer biasanya adalah pisau2 berkualita rendah yang kadang memiliki kelengkapan2 yang nggak ada gunanya atau paling tidak berlebihan. Ide membuat pisau dengan hollow handle kelihatannya jenius dengan bisa memasukkan berbagai alat bantu ke dalamnya, tapi pada saat yang sama desain seperti ini justru memerlemah konstruksi pisau secara keseluruhan.

Memberi gerigi pada blade atau gergaji pada punggung pisau juga kelihatannya hebat, namun fitur ini justru membuat titik lemah di mana pisau justru patah pada area tersebut. Pisau militer lain juga menaruh lubang besar pada blade di mana lubang justru juga jadi titik lemah gagalnya sebuah pisau. Bagaimana pun simplenya pisau Kabar fighting knife masih jadi tolok ukur yang terbukti dan sangat masuk akal. Beberapa knifemaker di luar sana juga kadang tertarik untuk mendesain combat knife sesuai interpretasi mereka. Buat gua pribadi pisau militer yang didesain secara custom oleh knifemaker yang mungkin aja punya latar belakang combat akan lebih menarik ketimbang pisau militer standar yang dibagikan oleh kesatuannya.

Tolong ajarin lah kalau ada yang punya ide cemerlang soal ini.:)


1 Response to “Pisau Militer”


  1. August 6, 2010 at 2:08 PM

    hehehhe betul banget wa. hollywood dan stategi pemasaran vendor pisau jadi sebagai sebuah agenda setting dalam merubah mainset orang2. kenyataan yang terjadi sekarang adalah kita lebih militer daripada orang militer, saat para operator spec ops gak begitu ambil pusing soal brand dan bentuk pisau dan segala macamnya, kita justru menciptakan sendiri pemahaman kita atas military knife itu. mulailah berlomba2 dengan budgetnya masing2, yang duit cekak beli aitor dengan full asesoris mulai dari ketapel sampai kompas, yang punya duit lebih mulai akan googling2 image tentara dengan pisau. mencoba mencari semirip mungkin.

    lucunya lagi, justru pada real operator tidak terlalu pusing dengan pisau yang mereka bawa. tidak pusing dengan bentuk handlenya, bentuk grind nya, sheatnya, dll. pernah seorang jendral USMC ditanya sama prajuritnya soal ini. kenapa gak ngembangin pisau super duper tacticool whatever yang mumpuni. si jendral cuma bilang kira2 begini “negara ngasi lo pelor sama bedil buat ngebunuh musuh, bukan pisau” intinya sebuah unit ataupun individu akan lebih efektif jika dia memikirkan apa-apa yang vital bagi pekerjaanya, seperti yang uwa bilang diatas kaya assault rifle, armor plate system dll.

    tapi hal yang paling miris adalah saat kita gak mau belajar lebih banyak lagi soal ini, ibarat cinta buta, apa yang keliatan serem itu yang dibeli. makin gahar, makin hitam, makin bergerigi, makin banyak akronim2 militer, itu yang makin diminati. hehehhehe kok malah jadi ngoceh gw hahahhahaha. yawis wa…..be safe !

    quote seorang salvadorian roughneck yang kepepet di close quarter battle dan mulai kehabisan amunisi :

    “My immediate reaction was that I had to defend my friend, and the only thing I had in my hands was a knife,” Cpl. Toloza said.

    nb : si toloza berhasil matiin musuhnya cuma pake pisau lipat yang jauh dari kesan serem sama sekali. tanpa embel2 tacticool bla bla bla bla bla

    complete story :
    http://home.earthlink.net/~rawheadrex/news/news_salvadoran.htm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


July 2010
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: