07
Sep
10

Belajar dari luar sana


Hallo ketemu lagi…

Makin kita mengenal hobby kita yang satu ini semakin kita mulai selektif dalam membeli pisau yang kita inginkan. Kita mulai sibuk dengan materialnya, kita mulai sibuk cari review, kita mulai tanya2 apakah baja ini bagus atau nggak, dan sadar nggak sadar budget yang kita siapakan untuk membeli pisau juga semakin membengkak. Kita mulai melakukan perbandingan dan memerhitungkan banyak faktor.

Dan gua juga seneng banget menemukan beberapa temen mulai aktif di beberapa forum pisau di luar sana. Tinggal aktivitasnya aja yang kayaknya perlu ditambah selain juga mungkin bahasa seringkali jadi kendala. Mengingat bahasa Inggris gua juga nggak bagus2 amat, tapi yang penting berani aja selama nggak berkesan sok tahu. Yang harus diingat adalah perbedaan yang sangat jauh antara forum2 di luar sana dengan kaskus. Kaskus sangat kompleks, multi dimensi, riuh rendah, dan penuh anak kecilnya. Semua dibawa becanda di sana.

Forum2 di luar sangat spesifik dan punya kultur yang kental. Kita akan bisa merasakan sekali perbedaan2 spirit di setiap tempat yang berbeda. Tapi yang paling jelas dan kurang lebih sama adalah tingkat kedewasaan. Jauh sebelum gua kenal kaskus, di awal tahun 2000-an gua gabung di sebuah situs pisau yang namanya customknifedirectory dan knifeforum. Di sana pembicaraannya serius dan cerdas, dan kalaupun muncul becanda sifatnya dewasa banget karena memang juga jarang sekali ada remaja masuk ke sana mengingat urusan pisau adalah urusan umur di atas 18 tahun. Kebiasaan2 di situ membuat gua gak melihat forum diskusi sebagai tempat buang2 energi dan waktu untuk becanda. Dan satu lagi adalah forum2 di sana sangat ketat menerapkan peraturan. Kalau kita salah langsung ditegur dan kalau kita salah kamar langsung dipindah oleh moderatornya ke tempat yang lebih sesuai.

Ini kultur yang sangat berbeda dengan Indonesia yang bisa membuat peraturan bagus tapi nggak pernah bisa menegakkan peraturan. Kekacauan2 struktural yang seperti ini bisa jadi yang membuat kaskus gak pernah sepi dari problem teknis, meskipun tulisan ini nggak membicarakan kaskus secara spesifik. Kaskus sangat bersifat ABG dan sangat penuh dengan becanda, kalau boleh dibilang begitu. Banyaknya icon yang aneh2 dan dodol menunjukkan hal itu. Nggak salah juga sih, karena lain padang lain belalang. Tapi gua nggak percaya kalau hal2 yang sia2 itu nggak ada pengaruhnya terhadap performa kaskus secara keseluruhan.

Kembali ke forum2 di luar sana, gua lihat mereka sangat bersifat terbuka dan sportif. Berbagai perbedaan pendapat setajam apapun tetap berjalan dalam koridor diskusi dan gak pernah dibawa keluar dari jalur itu. Hampir gak ada yang hubungan pribadinya rusak karena berargumentasi hebat di internet. Mereka juga cepet kembali ke track awal begitu melihat gelagat sudah terjadi off topic. Sangat sedikit atau hampir nggak ada keinginan untuk menarik tema malah jadi jauh melenceng.

Mungkin ada orang akan bilang: “Biar aja mereka di sana begitu, kita di sini kan beda.” Atau kita bilang: “Jelek2 tapi tetep rumah sendiri.” Gak ada salahnya juga dengan pemikiran seperti itu, tapi kenapa juga kita gak berusaha ke arah yang lebih baik kalau arah itu bisa ditentukan oleh diri kita sendiri. Tulisan ini bisa dianggap sebagai oto-kritik alias kritik atas diri sendiri mengingat gua juga aktif di kaskus. Mudah2an bisa ditanggapi secara positif dan konstruktif.

Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir bathin karena gua banyak salah kata dan perbuatan.


4 Responses to “Belajar dari luar sana”


  1. 1 Kuliarang
    September 18, 2010 at 7:06 AM

    ” Selamat iedul fitri.. mohon maaf lahir bathin ”

    Talk about forum… memang berbeda, tapi perbedaan itulah yang menjadi ukuran kita untuk terus belajar lebih matang.. dan juga proses pembelajaran itulah salah satunya yang memberikan rasa kenikmatan dari hoby ini…

    Bisa aktif 100% dalam forum pasti menyenangkan.. selain akan tambah pinter.. visitasi akan terasah dengan sendirinya seiring semakin variatifnya topic diskusi dan forum dapat terbuka untuk semua opini…

    Peran seorang senior akan sangat memberikan kontribusi bagi siapa saja yang ingin banyak tahu tentang dunia pisau ini.. dimana semua arahan dan bimbingannya akan membuat terbukanya visitasi seorang newbie… walau piso2 newbie belum seindah piso senior dan opini2 nya belum setajam opini senior…😀

    Gw sendiri sangat suka blog ini.. krn gw bisa bicara apa saja dengan nyaman walau articles nya cuma 1 bulan sekali😀 ( dan mudah2an blog ini gak ikutan jualan bata selamanya..😀 peace man… )

    Disini sangat susah dapat sinyal wifi… jadi gw gunakan kesempatan ini untuk berdoa saja.. ” Semoga frids blog tetap bisa memberikan pencerahan2 yang positif.. dimana saja.. baik kaskus atau dimana saja..pada siapa saja yang memerlukannya ”

    GBU.. man

  2. 2 Juan
    September 8, 2010 at 3:48 PM

    Hmm,

    Memang agak susah kalau dibawa dalam konteks Indonesia, terutama kaskus. Saya pribadi menilai bahwa kaskus memang forum yang amat sangat cair. Mereka yang berpartisipasi pun sangat beragam. Akibatnya, obrolan cenderung melantur kesana kemari dan sadar atau tidak seringkali out of topic….

    Selagi saya melihat keragaman ini sebagai nilai tambah, dimana saya bisa banyak belajar dari yang lebih tahu, saya juga setuju bahwa kita harus mau terus belajar berdiskusi dalam forum.

    Bukankah kata seorang guru besar sejarah UI, belajar itu tidak ada habisnya, Abang?🙂

  3. 3 theblindog
    September 7, 2010 at 9:09 PM

    +100 bro.mohon maaf lahir bathin juga ya, sering ngerepotin dgn pertanyaan2 bodoh.

  4. 4 theblindog
    September 7, 2010 at 4:27 PM

    +100 bro, mohon maaf lahir batin juga ya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


September 2010
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: