28
Oct
10

a quest for a perfect knife


Jadi inget waktu umur sepuluh tahun gua punya foto dengan sebilah pisau buatan lokal dengan handle tanduk kerbau dari sebuah kampung di pinggir danau Toba. Sampai puluhan tahun sesudah itu, gua masih dalam perjalanan mencari pisau yang sempurna.

Hobi ini bahkan sempet on-off, maklum pada masa itu internet belum ada. Gua mengira diri gua ini satu2nya orang gila yang punya hobi main dan kumpulin pisau. Pada masa remaja itu udah biasa kalau tangan berdarah karena kepotong pisau. Gua bahkan sering mainin silet kalau nggak ada kerjaan. Gua nggak hanya melemparkan pisau ke pohon atau ke kayu, bahkan kikir gua copot handlenya dan bagian tang-nya jadi bagian untuk dilemparkan ke pohon.

Tapi hobi ini sempet mati belasan tahun, sampai suatu hari gua ketemu seorang temen yang ternyata koleksi pisaunya sebanyak dua lemari. Kontan gua terbakar lagi dengan pisau. Itu terjadi di akhir tahun 1990-an. Dan sampai hari ini pisau adalah bagian dari hidup gua. Gua nggak hanya membeli dan menjual pisau, tapi gua menikmati semua dimensi tentang pisau seperti aktif di forum pisau, baca majalah pisau, ngobrol tentang pisau di telepon, belajar membuat pisau, belajar tentang baja yang banyak dipakai di industri pisau, dan bahkan berantem sama istri gara2 pisau. Semuanya sama2 dinikmati.

Dan waktu udah masuk pernikahan dan punya anak, maka pisau juga mulai masuk dalam dimensi yang berbeda. Banyak nafsu yang harus ditahan karena prioritas udah bergeser. Gak bisa lagi seenaknya lihat di internet atau majalah terus cocokin sama kondisi dompet terus dibeli. Ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan. Tapi upaya untuk mencari pisau yang “sempurna” terus dijalankan, terus diupayakan. Tapi selera juga mulai bergeser, pengetahuan bertambah. Pisau aliran taktikal mulai diabaikan. Pisau2 yang serem2 nggak digubris lagi. Pisau2 non sense udah gak dilirik lagi.

Jumlah pisau memang jauh berkurang dibanding dulu, tapi gua makin selektif dan makin sempit pilihannya. Ada faktor lain yang kelihatannya memegang peranan penting, yaitu FU alias faktor umur. Mulai nggak suka lihat pisau yang di-coating hitam, bead blast, atau coating yang aneh2. Gua bisa dengan cepat memutar selera gua jika melihat pisau yang gua anggap lebih mendekati model yang “gua” banget. Ketertarikan pada slipjoint misalnya udah lama menggelora di hati tapi baru dua tahun belakangan ini bener2 terealisasi. Dan fatalnya keterikatan pada slipjoint justru dimulai dari custom slipjoint. Ini fenomena gawat karena custom langsung dijadikan standar. Tapi untungnya gua nggak terjebak di situ dan tetap bisa menghargai GEC, Case, Schaat & Morgan, dan Queen.

Dulu gua nggak pernah melirik custom hunting knives, tapi sekarang gua menganggap bahwa pattern ini lebih mendekati dunia nyata dibanding pisau2 taktikal. Pisau2 fix utility sekarang ini lebih banyak gua lirik dari pada model2 combat yang nggak jelas kegunaan spesifiknya walaupun kelihatannya cool.

Gua sadar bahwa pisau sempurna itu absurd. Tapi perjalanan ke arah sana sangat lah nikmat. Gua lebih menikmati perjalanannya ketimbang tujuannya sendiri. Mungkin pencarian terhadap pisau sempurna akan berlangsung seumur hidup, sama panjangnya dengan perjalanan kita mencari jati diri kita sendiri.


2 Responses to “a quest for a perfect knife”


  1. 1 pisau2000
    November 1, 2010 at 8:26 AM

    jadi inget waktu SD tiap hari ngasah pisau pramuka yang ngga bakalan tajam karena terbuat dari cast iron🙂

  2. October 28, 2010 at 8:12 PM

    Wew, ga nyangka masa kecil kita hampir sama Om.

    Jaman kecil, ga ada pohon pisang yang lepas dari sabetan ‘pisau’ saya. Pisau ala kadarnya yang saya buat dari lempengan besi (nemu di bengkel las) dan diberi gagang dari balutan kain.

    Juga lempengan-lempengan besi yang dilempar ala pisau lempar.


Leave a Reply

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


