03
Dec
10

Memilih Pisau: My Way!


Saat ini sedang jadi sebuah fenomena kecil di mana kesulitan ekonomi di AS membawa sedikit berkah kepada kita dengan semakin murahnya pisau2 custom yang berkualitas. Semuanya bermuara pada reputasi yang dibangun dan diperjuangkan oleh sang pembuat pisaunya sendiri.

Dengan semakin banyaknya tawaran yang tersedia, maka pilihan kita akan semakin sulit dan kompleks. Namun sekali lagi dengan berpegang pada prinsip bahwa pisau adalah sebuah alat/tools yang spesifik, maka pemilihannya pun harus didasarkan pada kebutuhan yang spesifik. Kita harus membuat pengerucutan dari apa yang mungkin kita pilih. Ada banyak komponen yang bisa diperhitungkan saat memilih tapi dalam tulisan ini gua hanya akan membahas hubungan antara sebuah jenis pisau tertentu dengan baja yang digunakan dalam sebuah pisau tertentu pula.

Persoalan utama bagi kita sendiri kadang adalah kita nggak tahu persis apa yang kita sedang cari. Kita nggak dapet gambaran pisau model apa yang kita suka atau kita nggak suka secara spesifik. Kadang uang malah jadi tolok ukur yang paling utama.

Secara ideal sebuah pisau tertentu sangat cocok atau sebaiknya menggunakan baja tertentu karena nggak ada satu pun baja yang bisa menjawab semua kebutuhan pisau akan baja. Seperti juga nggak ada satu pisau pun yang menjawab semua kebutuhan kita akan pisau atau alat potong. Kadang kita harus melakukan kompromi atau malah mulai lagi mencari dari awal dan menunda dulu pembelian sampai ketemu kombinasi yang mendekati idealisme kita.

Sebagai langkah awal, memahami karakter2 baja adalah sangat penting. Setiap baja memiliki karakter yang berbeda. Setiap baja ada kelebihannya dan ada kelemahannya. Jika 10 pembuat pisau menggunakan baja yang sama, maka bisa diharapkan akan ada 10 cara memerlakukan baja tersebut secara berbeda. Nggak ada satu baja pun yang sempurna atau paling superior. Baja yang terbaik pun jika heat treatmentnya buruk akan kalah oleh baja biasa2 aja yang di heat treatment dengan baik. Jadi kenapa nggak cari baja yang baik dengan heat treatment yang baik pula.

Dengan pola pikir seperti ini akan aneh kalau kita menemukan produsen atau knifemaker yang menawarkan sebuah pisau hunter dengan baja D2 tapi juga menawarkan sebuah khukri dengan baja D2 pula. Pisau hunter nggak akan digunakan secara keras dan karakter D2 yang wear resistance dan agak sedikit getas membuatnya pas untuk sebuah hunter, tapi begitu diaplikasikan untuk sebuah khukri yang akan dipaksa kerja keras dengan benturan2 yang keras pula maka karakter D2 langsung kelihatan kelemahannya. Dalam pisau pertama kemampuan wear resistance memang lebih dicari, tapi dalam jenis pisau kedua kita harus mencari baja yang mempunyai karakter menang pada sisi toughness dan mau nggak mau sedikit mengorbankan kemampuan memertahankan ketajamannya. Kuncinya terletak pada kompromi yang pas demi performa yang diharapkan.

Kadang kompromi juga harus dilakukan dengan memertimbangkan kemampuan rata2 pengguna atau pemilik pisau untuk menajamkan kembali pisau yang dimilikinya. Katakanlah 12C27 yang akan mencapai performa terbaiknya pada rentang kekerasan sekitar 61-62 HRC, namun dengan kekerasan seperti itu hampir bisa dipastikan banyak pihak akan kesulitan mengasah pisaunya kembali begitu tumpul. Itu sebabnya produsen kemudian memutuskan untuk mengeraskannya pada rentang 57-59HRC.

Sebenarnya untuk soal ini gak ada resep yang pasti atau kartu mati. Semuanya masih bisa dikompromikan dengan beberapa faktor lain. Menambahkan toughness pada pisau tertentu kadang bisa dilakukan dengan menerapkan differential hardening pada baja carbon tertentu, sedikit menurunkan kekerasan (pada baja carbon juga), mengubah edge geometry, dan lain-lain.

Jadi kalau gua yang diminta membuat semacam guideline buat gua sendiri dalam memilih pisau, maka gua gak akan bergerak jauh dari pakem yang gua pilih sendiri. Kebetulan secara pribadi gua lebih berat ke arah baja carbon dari pada stainless steel. Jadi meskipun banyak baja SS yang bagus gua lebih menjatuhkan pilihan seperti:

Pisau hunter: D2, A2, W2, O1, dst.

Pisau tactical: A2, D2, ,M2, M4, CPM 3V

Pisau utility: W1/W2, 1095, 1084, Cruforge V, O1, CPM 3V, dll

Pisau ukuran besar: 1084, 1095, 5160, CPM 3V, A2, O1, INFI, 52100, S7, L6, dll

Pisau lipat: D2, ATS34/154CM/VG10, ZDP189, 1095, M390, M4, CPM D2, CPM 154, Duratech 20CV, dll.

Kalau orang lain diminta bikin guideline seperti di atas pasti akan beda lagi preferensinya. Sekali lagi itu bukan kartu mati. Gua siap berkompromi selama gua bisa dapet jalan tengahnya.

Hidup harus bisa berkompromi, dalam hal apa pun.:)

 


3 Responses to “Memilih Pisau: My Way!”


  1. 1 masnicko
    April 12, 2011 at 10:30 AM

    Makasih banyak Wak, atas pencerahannya. Mohon ijin “copas”…

  2. December 4, 2010 at 5:14 PM

    Saya yang masih baru terus terang masih bingung kalau disuruh untuk memilah-milah pisau tertentu harus pakai baja tertentu, ulasan abang sangat bermanfaat bagi saya. Terima kasih banyak bang, selama ini saya banyak dibantu oleh abang dalam mereferensikan pisau yang bagus atau abal-abal…🙂

  3. 3 dhennyboy
    December 3, 2010 at 7:04 PM

    woooohhh, itulah bang ucok yg kita cari., apa alasan kita memilih pisau jadi lebih spesific sekarang, jd untuk yg masih ada kebimbangan tanya aja sama abang yg satu ini, karena gw juga masih mencari jati diri pisau gw sendiri, dan gw ga akan berhenti nanya pada siapa saja yg lebih memahami pisau dr pada gw sendiri….

    thanks ban ucok atas share ilmunya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


December 2010
M T W T F S S
« Oct   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: