23
Dec
10

memilih pisau. lagi!


Setiap orang saat memulai sebuah hobby tertentu kadang mengalami kesulitan yang sama, yaitu kebingungan untuk memulai dari mana. Kebingungan yang sama dialami kita para penggemar pisau. Terlalu banyak pilihan, terlalu banyak model, terlalu banyak genre dan aliran, tapi sayang seribu sayang uang kita terbatas.

Tapi di sisi lain kita harus juga bersyukur bahwa kita sekarang punya alat canggih yang namanya internet. It helps a lot. Internet membawa kita masuk dalam dunia informasi yang sangat luas seperti forum2 dan lain2. Dari situ kita bisa belajar banyak tanpa perlu mengangkat pantat dari kursi kita atau keluar kamar. Kita bisa gali informasi sebanyak mungkin mengenai sebuah barang tertentu yang akan kita beli. Tapi tetap saja keputusannya ada di tangan kita. Dan kadang harus diakui kebanyakan informasi juga malah bikin kita makin bingung dalam mengambil keputusan akhir.

Secara konstruksi paling sedikit ada dua jenis pisau yaitu pisau lipat atau pisau fixed. Putusin aja dulu apa yang kita mau beli.  Kalau tujuan kita untuk membeli pisau adalah untuk keperluan dibawa sehari-hari (EDC/everday carry), maka pilihan atas pisau lipat harus dijadikan prioritas, meskipun gak ada salahnya juga seseorang memutuskan membawa pisau fixed sebagai EDC. Kalau kehadiran kunci (locking system) bukan sebuah keharusan maka kita bisa memasukkan friction folder dan slipjoint sebagai pilihan. Tapi kalau merasa harus punya folder yang pakai sistem penguncian, maka pilihan tinggal pada liner lock (dengan berbagai variannya), lockback, frame lock, axis lock, dll.

Sudah dibatasi demikian pun kita pasti masih akan sangat kesulitan. Gimana kalau kita tentukan apakah kita akan membeli production knives (pisau pabrikan) atau custom knives. Katakanlah kita memilih production folding knives. Gua sendiri akan memilih dari produsen penyandang merek2 berikut secara acak: spyderco, benchmade, kershaw, al mar, dan fallkniven. Ada banyak merek lain pastinya tapi jarang kebutuhan kita nggak terjawab dengan merek2 tadi.

Mari pindah ke jenis pisau fixed. Gua pribadi akan memilih dari merek2 ini secara acak: ESEE Knives, fehrman, busse, scrapyard knives, swamp rat knives, fallkniven, dan BRKT. Hampir gak ada kebutuhan kita akan pisau fixed blade yang tidak akan terjawab oleh produsen2 yang menyandang merek2 barusan.

Sekali lagi acuan yang gua buat di atas semata-mata adalah preferensi pribadi. Ada banyak lagi merek2 bagus lain yang eksis di dunia pisau tapi gua lebih berani berkomentar atau berpendapat terhadap pisau2 yang pernah gua punya atau pegang sendiri.


0 Responses to “memilih pisau. lagi!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


December 2010
M T W T F S S
« Oct   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 27 other followers

eye candy

Barlow-1

Barlow-2

Barlow-3

Tim Briiton Backlock

Buck 110's

Buck 110 Damascus

Mammoth Ivory Barlow

More Photos

Categories


%d bloggers like this: